//

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS ANTIBIOTIK BAKTERI DARI SEKRET VAGINA IBU HAMIL DENGAN KOMPLIKASI OBSTETRI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NISA KHAIRATI SYUKRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Komplikasi kehamilan sangat erat kaitannya dengan infeksi diantaranya persalinan prematur, ketuban pecah dini, solusio plasenta, demam maternal dan partus lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengisolasi, mengidentifikasi dan mengetahui sensitivitas antibiotik bakteri dari sekret vagina ibu hamil dengan komplikasi obstetri di RSUDZA dan RSIA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan desain penelitian observasi laboratorium. Sampel diambil dari sekret vagina ibu hamil dengan komplikasi obstetri. Pengambilan sampel yang dilakukan selama 8 bulan mulai dari bulan Juli 2012 sampai Februari 2013 didapatkan sebanyak 18 sampel. Ibu hamil dengan KPD sebanyak 16 sampel dengan pola bakteri Klebsiella pneumoniae 31%, Pseudomonas aeruginosa 13%, Staphylococcus sp. 19%, Staphylococcus aureus 6% dan Streptokokus grup B sebanyak 6%. Komplikasi lain yaitu persalinan prematur sebanyak 1 sampel dengan isolat bakteri Klebsiella pneumoniae dan perdarahan pervaginam sebanyak 1 sampel yang dilaporkan tidak adanya pertumbuhan bakteri. Hasil uji sensitivitas bakteri Klebsiella pneumoniae ditemukan cukup sensitif (≥75%) terhadap antibiotik meropenem, levofloxacin, fosfomycin, cephalotin dan ciprofloxacin. Bakteri Pseudomonas aeruginosa masih sensitif terhadap amikacin, ceftriaxone dan ceftazidime sebesar masing-masing 100%, 100% dan 50%. Untuk bakteri Staphylococcus sp. memiliki sensitivitas yang cukup tinggi (≥60%) terhadap amoxicillin, fosfomycin, sulbactam ampicillin, meropenem, tetracycline, doxycycline, cephalotin, vancomycin, linezolid, ciprofloxacin dan levofloxacin. Sedangkan bakteri Staphylococcus aureus sensitif terhadap antibiotik linezolid, trimethoprim-sulfamethoxazole dan doxycillin sebesar 100%. Bakteri Streptokokus grup B pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa bakteri tersebut 100% masih sensitif terhadap semua antibiotik yang diuji yaitu fosfomycin, ceftriaxone, eritromycin, tetracycline, trimethoprim-sulfamethoxazole, linezolid, sulbactam ampicillin, vancomycin dan clindamycin. Kata kunci: komplikasi obstetri, infeksi maternal, uji sensitivitas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS ANTIBIOTIK BAKTERI DARI SEKRET VAGINA IBU HAMIL DENGAN KOMPLIKASI OBSTETRI (NISA KHAIRATI SYUKRI, 2016)

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS BAKTERIRNDARI NEONATUS YANG DILAHIRKAN OLEH IBURNHAMIL DENGAN KOMPLIKASI OBSTETRI (revina ilka busri, 2015)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA VAGINA SAPI ACEH (Dian Zahlina, 2018)

POLA DAN SENSITIVITAS KUMAN PENYEBAB OTITIS MEDIA SUPURATIF KRONIS DI POLI THT RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (Warzukni, 2014)

GAMBARAN BAKTERIAL VAGINOSIS PADA KEHAMILAN DENGAN FLUOR ALBUS DI POLIKLINIK OBSTETRI GINEKOLOGI RSUDZA BANDA ACEH TAHUN 2012 (Riyanda Furqan, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy