//

ANALISIS EFISIENSI SISTEM FERTIGASI MIKRO DAN KEBUTUHAN AIR TANAMAN PADA TANAMAN SAWI (BRASSSICA JUNCEA L)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZAKIAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pemakaian pupuk cair dan air irigasi pada tanaman sayuran oleh masyarakat selama ini tidak terlalu efisien sehingga larutan yang diberikan tidak seragam dan unsur hara yang diterima tanaman juga tidak seragam. Penerapan sistem fertigasi mikro dengan dosis nutrisi dan jumlah yang tepat akan meningkatkan produktivitas tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi sistem fertigasi mikro dan pengaruh pemberian pupuk organik cair dengan sistem fertigasi pada tanaman sawi serta untuk menganalisis kebutuhan air tanaman sawi. Penelitian ini dilakukan di Desa Lambunot Kecamatan Simpang Tiga Aceh Besar. Alat dan bahan yang digunakan adalah Soil Moisture Sensor Type AT210 Global water, Logger (GL-500) Global water sebagai alat pengukur kadar air tanah, pipa paralon, timba, selang, penjepit infus, timbangan digital, benih sawi, pupuk organik cair, data klimatologi dan bahan lainnya yang diperlukan. Metode penelitian ini merupakan eksperimen yang ditata dalam bentuk Rancangan Acak Kelompok pola non faktorial. Terdapat satu faktor percobaan yang dilihat pengaruhnya terhadap kondisi pertumbuhan dan produksi tanaman sawi. Faktor tersebut adalah pemberian pupuk organik cair sekaligus pengairan dengan konsentrasi pupuk yang berbeda. Total kombinasi berjumlah 4 satuan percobaan dan 3 kelompok sehingga seluruhnya berjumlah 12 satuan percobaan. Untuk kebutuhan air tanaman digunakan metode Penman-Monteith. Adapun parameter tanaman sawi yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah daun dan bobot segar sawi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa semua komponen pertumbuhan dan hasil tanaman sawi meningkat sesuai dengan banyaknya larutan pupuk yang diberikan, dimana nilai yang tertinggi terdapat pada perlakuan taraf fertigasi 6 ml/L air sedangkan terendah didapatkan pada perlakuan taraf fertigasi 2 ml/ L air. Hasil uji F pada analisis sidik ragam menunjukkan bahwa perlakuan fertigasi tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman sawi pada umur 2, 3, dan 4 Minggu Setelah Tanam (MST) dan jumlah daun pada umur 4 MST serta pada bobot segar sawi. Namun perlakuan fertigasi berpengaruh nyata terhadap jumlah daun pada umur 2 dan 3 MST. Kebutuhan air tanaman sawi tidak terpenuhi, dimana besar kebutuhan air tanaman (ETc) sawi lebih besar daripada jumlah air irigasi yang diberikan. Besar nilai efisiensi pemakaian dan penyimpanan didapatkan rata-rata di bawah 90% tergolong kurang baik dan tidak seimbang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

JUMLAH PEMBERIAN AIR DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L.) JUMLAH PEMBERIAN AIR DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L.) JUMLAH PEMBERIAN AIR DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L.) JUMLAH PEMBERIAN AIR DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L.) JUMLAH PEMBERIAN AIR DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L.) JUMLAH PEMBERIAN AIR DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L.) JUMLAH PEMBERIAN AIR DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L.) JUMLAH PEMBERIAN AIR DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L.) JUMLAH PEMBERIAN AIR DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L). (Fitriyani, 2015)

ANALISIS TINGKA T KEUNTUNGAN DAN EFISIENSI PRODUKSI USAHATANI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA, L COSS) DI DESA TANJUNG SELAMAT KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (SRI WAHYUNI, 2020)

KAJIAN KONSENTRASI GARAM DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP ASINAN SAWI PUTIH (BRASSICA JUNCEA L) (SETIA MAGFIRAH, 2018)

PENGGUNAAN LAMPU TL DIMALAM HARI PADA SISTEM AEROPONIK TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA) DALAM GREENHOUSE (Rakhmat Z, 2021)

PROSPEK PENGEMBANGAN AGRIBISNIS USAHA TANAMAN SAWI PADA KELOMPOK TANI TGK BAK ASAN DESA LAMBADA PEUKAN KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (HUMAIRA ABDULLAH, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy