//

PERAMALAN TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN ASING KE PROVINSI ACEH MENGGUNAKAN MODEL FUZZY TIME SERIES AVERAGE BASED

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ayu Safitri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pariwisata merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari Negara Indonesia. Jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia sangat menentukan devisa Negara Indonesia. Provinsi Aceh merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak tempat wisata yang terkenal. Kunjungan wisatawan ke Provinsi Aceh setiap tahunnya terus bertambah sehingga harus disertai dengan fasilitas tempat wisata yang baik seperti, penginapan, kuliner, transportasi serta keadaan yang terjamin. Untuk mengoptimalkan pembangunan di bidang pariwisata diperlukan prediksi atau peramalan ke depannya. Berbagai jenis metode peramalan telah banyak berkembang untuk dapat meningkatkan hasil akurasi peramalan, salah satunya adalah metode fuzzy times series average based. Metode ini mampu menentukan panjang interval efektif, sehingga mampu memberikan hasil ramalan dengan tingkat akurasi yang baik. Metode ini diterapkan pada peramalan jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Aceh. Hasil pengujian dengan menggunakan metode fuzzy time series average based menghasilkan nilai MAPE sebesar 25,9% dengan tingkat akurasi sebesar 74,1% sedangkan untuk peramalan ke depan selama bulan Januari-Agustus 2015 menghasilkan MAPE sebesar 18,3%, dengan tingkat akurasi sebesar 81,7%. MAPE yang dihasilkan < 20% sehingga metode fuzzy time series average based mampu memberikan hasil peramalan yang baik dan mampu meningkatkan tingkat akurasi. Kata kunci : pariwisata, fuzzy time series, average based

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FUZZY TIME SERIES MARKOV CHAIN UNTUK PERAMALAN NILAI TUKAR MATA UANG RUPIAH TERHADAP DOLAR AMERIKA (Rafidhah hanum, 2016)

PERAMALAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWSAN MANCANEGARA MELALUI BANDARA INTERNASIONAL KUALANAMU MEDAN MENGGUNAKAN METODE SARIMA (Mia Flancia, 2016)

APLIKASI SISTEM INFERENSI FUZZY MAMDANI, FUZZY TSUKAMOTO, DAN FUZZY SUGENO DALAM MEMPREDIKSI LAJU INFLASI (STUDI KASUS PADA DATA NFLASI DI KOTA-KOTA BESAR DI INDONESIA) (Muchlis Ade Fahmy, 2017)

PENGARUH PERIKLANAN, PAMERAN DAN EVENT TERHADAP PENINGKATAN KESADARAN WISATAWAN DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BERKUNJUNG KE DESTINASI WISATA RELIGI DI ACEH (Nurlaila Hamjah, 2015)

PENGARUH PRODUK DAN BAURAN PROMOSI WISATA TERHADAP CITRA (IMAGE) DESTINASI DAN DAMPAKNYA PADA NIAT WISATAWAN UNTUK MELAKUKAN KUNJUNGAN ULANG KE PROVINSI ACEH (Fani Sartika, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy