PENERAPAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Pengarang

RIZKA ULFIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103020005

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci: brain based learning, kemampuan berpikir kritis

Dalam proses pembelajaran di sekolah umumnya pendidik kurang mengasah
kemampuan berpikir kritis siswa. Padahal, kemampuan berpikir kritis merupakan
salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang sangat penting dalam
pengambilan langkah untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Untuk dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, guru dapat menerapkan pendekatan
brain based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banda Aceh tahun
pelajaran 2015/2016 pada materi sistem persamaan linear dua variabel setelah
diterapkan pendekatan brain based learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dan kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Banda Aceh. Sedangkan sampel adalah kelas VIII1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan melaksanakan tes kemampuan berpikir kritis
siswa. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf
signifikan Hasil analisis didapat 4,81 dan ,
sehingga , ini berarti ditolak pada taraf nyata . Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan brain based
learning peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih baik
dari pada kelas kontrol

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK