//

ANALISIS PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN DI DAERAH ALIRAN SUNGAI STUDI KASUS SUB DAS KRUENG SEULIMUEM, KRUENG KEUMIREU DAN KRUENG INONG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jufriadi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perubahan penggunaan lahan yang terjadi di daerah Hulu DAS Krueng Aceh memberikan dampak terhadap perubahan debit banjir. Perubahan penggunaan lahan menyebabkan, air hujan yang jatuh ke permukaan lebih berpotensi untuk menjadi aliran permukaan daripada terserap oleh permukaan tanah. Dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh perubahan penggunaan lahan terhadap banjir maka dilakukan analisis penggunaan lahan yang terjadi pada tahun 2011-2014 dengan menggunakan citra satelite Landsat dan metode supervised classification. Hasil penggunaan lahan yang di peroleh dari pada tahun 2011-2014 adalah daerah hutan merupakan daerah terluas dan air terkecil. Perubahan penggunaan lahan pada tahun 2011-2014 memberikan dampak terhadap perubahan debit banjir, dimana perubahan penggunaan lahan mengakibatkan meningkatnya nilai koefisien limpasan yaitu 0,19 pada tahun 2011 dan 0,20 pada tahun 2014. Peningkatan nilai koefisien limpasan ini mempengaruhi peningkatan debit banjir pada daerah hulu DAS Krueng Aceh, dimana nilai debit puncak pada tahun 2011 adalah 0,0274 m3/det sedangkan pada tahun 2014 adalah 0,0319 m3/det atau meingkat sebesar 0,0045 m3/det. Kata Kunci : Penggunaan Lahan, Debit Banjir, Landsat, supervised classification, Koefisien Limpasan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS TINGKAT KEKRITISAN SUB DAS KRUENG KEUMIREU KABUPATEN ACEH BESAR (Hilda Sury, 2018)

STUDI PERENCANAAN PENGATURAN SUNGAI KRUENG JANTHO DENGAN GROUNDSILL (MARINI BRAVIKAWATI, 2019)

IDENTIFIKASI TUMBUHAN DAN EVALUASI PEMANFAATAN SEMPADAN SUNGAI KRUENG LAMNYONG PROVINSI ACEH (EKA PUSPITA SARI, 2019)

ANALISIS PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN DI DAERAH ALIRAN SUNGAI STUDI KASUS SUB DAS KRUENG SEULIMUEM, KRUENG KEUMIREU DAN KRUENG INONG (Jufriadi, 2016)

ANALISIS DEBIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE MOCK DI DAERAH ALIRAN SUNGAI KRUENG ACEH (Rahmatunnisa, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy