//

PENGARUH PROPORSI AMPAS TAHU DAN PENAMBAHAN TEPUNG BATU KAPUR DALAM PEMBUATAN BOKASI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mirza Alfisyahrin - Personal Name

Abstrak/Catatan

Produksi pupuk di Indonesia sangat terbatas dibandingkan dengan luas lahan pertanian sehingga harga pupuk semakin mahal.Untuk mengatasi masalah ini maka perlu dilakukan pemanfaatan limbah pertanian untuk pembuatan pupuk organik yang dapat berfungsi sebagai alternatif pengganti pupuk anorganik. Dalam hal ini yaitu pemanfaatan limbah ampas tahu dalam pembuatan bokasi. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola faktorial yang terdiri atas 2 faktor. Faktor I adalah proporsi ampas tahu terdiri empat taraf yaitu: A1 = 0%, A2 = 10%, A3 = 15%, A4 = 20%. Faktor II adalah penambahan tepung batu kapur (T) yang terdiri tiga taraf yaitu T1 = 0%, T2 = 2,5%, dan T3 = 5%. Analisis yang dilakukan adalah: total mikroorganisme, pH, kadar unsur C, kadar unsur N, rasio C/N, temperatur, kadar air, organoleptik (tekstur, aroma dan warna), dan uji tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total mikroorganisme, unsur C, unsur N, organoleptik (tekstur,warna,aroma), rasio C/N dan uji tanaman meningkat dengan semakin banyaknya proporsi ampas tahu (A) pada bahan baku. Nilai pH, unsur C, unsur N, rasio C/N, organoleptik (tekstur dan warna) bokasi serta tinggi tanaman juga meningkat dengan penambahan tepung batu kapur (T). Interaksi proporsi ampas tahu dan penambahan tepung batu kapur (AT) berpengaruh sangat nyata terhadap unsur C dan aroma bokasi serta tinggi tanaman. Bokasi terbaik dihasilkan dari interaksi A4T3 (20% ampas tahu dan 5% tepung batu kapur) dengan tinggi tanaman jagung 71.50 cm yang ditanam selama 45 hari.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PROPORSI AMPAS BUBUK KOPI DAN TEPUNG TULANG IKAN TERHADAP MUTU BOKASI (Remmy Lazuardi Putra, 2014)

PENGARUH PROPORSI AMPAS BUBUK KOPI DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP MUTU BOKASI (Rizal Fahmi, 2016)

PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN TEPUNG AMPAS TAHU DAN TEPUNG BERAS MERAH (ORYZA NIVARA) SERTA LAMA FERMENTASI TERHADAP MUTU CRACKERS (Ridwan, 2017)

PENGARUH CARA PENAMBAHAN DAN PROPORSI BATUAN MAGNESIT TERHADAP MUTU BOKASI (uwisqarni, 2014)

PEMANFAATAN AMPAS TAHU DAN IKAN TONGKOL SEBAGAI SUBSTITUSI PROTEIN DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG MAIZENA DALAM PEMBUATAN NUGGET (EVA DEWI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy