KAJIAN STABILITAS PIGMEN ANTOSIANIN UBI JALAR UNGU (IPOMOEA BATATAS L) SEBAGAI PEWARNA ALAMI DAN APLIKASINYA PADA SELAI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KAJIAN STABILITAS PIGMEN ANTOSIANIN UBI JALAR UNGU (IPOMOEA BATATAS L) SEBAGAI PEWARNA ALAMI DAN APLIKASINYA PADA SELAI


Pengarang

Maulana Rizki - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1105105010006

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Teknologi Hasil Pertanian (S1) / PDDIKTI : 41231

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Beberapa dekade terakhir ini zat pewarna banyak digunakan pada industri pengolahan pangan untuk memperbaiki atau memperkuat warna asli dari suatu makanan dan minuman sehingga dapat memberikan daya tarik terhadap konsumen. Zat pewarna sintetis umumnya digunakan karena memiliki beberapa kelebihan. Tetapi zat pewarna sintetis akan menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi melewati ambang batas. Oleh karenanya, diperlukan alternatif pengganti yakni dengan penggunaan zat pewarna alami yang lebih sehat dan aman. Salah satu zat pewarna alami yang banyak terdapat di alam adalah antosianin dari ubi jalar ungu. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari stabilitas antosianin ubi jalar ungu akibat pengaruh suhu pengolahan, lama pemanasan, pH, cahaya dan kondisi penyimpanan serta mempelajari stabilitas antosianin yang diaplikasikan pada produk selai. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari stabilitas antosianin ubi jalar ungu akibat pengaruh suhu pengolahan, lama pemanasan, pH, cahaya dan kondisi penyimpanan serta mempelajari stabilitas antosianin yang diaplikasikan pada produk selai. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) satu faktor pada 5 studi stabilitas antosianin ubi jalar ungu yaitu studi stabilitas antosianin akibat suhu pengolahan, lama pemanasan, akibat tingkat keasaman (pH) pengaruh sinar matahari dan studi stabilitas antosianin yang diaplikasikan pada selai akibat kondisi penyimpanan. Setiap perlakuan dilakukan ulangan sejumlah 2 kali sehingga diperoleh total satuan percobaan sebanyak 48 kali. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji intensitas warna, uji total antosianin pada selai serta analisis deskripsi kuantitatif dan uji kesukaan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK