//

ANALISIS PERUBAHAN BEBERAPA SIFAT FISIKA DAN MEKANIKA TANAH AKIBAT PENGGUNAAN TRAKTOR DAN PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KEDELAI (GLYCINE MAX (L) MERRIL)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Santri Munte - Personal Name

Abstrak/Catatan

Santri Munte. 0905106010029. Analisis Perubahan Beberapa Sifat Fisika dan Mekanika Tanah Akibat Penggunaan Traktor dan Pupuk Kandang Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kedelai (Glycine Max (L) MERRIL). Dibawah Pembimbing Prof. Dr. Ir. Yuswar Yunus, MP. sebagai Pembimbing Utama dan Dewi Sri Jayanti, S.TP, M.Sc. sebagai Pembimbing Anggota. RINGKASAN Tanah merupakan suatu sistem yang dinamis, tersusun dari empat bahan utama yaitu bahan mineral, bahan organik, air dan udara. Pengolahan tanah dengan menggunakan traktor roda empat dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman kedelai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perubahan beberapa sifat fisika dan mekanika tanah akibat pemberian pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman kedelai. Peralatan yang digunakan di lapangan terdiri dari satu unit traktor roda empat, bajak piring, cangkul, ring sampel, soil penetrometer tipe SR-2, patok, alat hitung, meteran, serta alat pendukung lainnya. Bahan yang digunakan yaitu benih kedelai varietas Anjasmoro dan pupuk kandang. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola non faktorial. Faktor yang dilihat yaitu taraf pupuk kandang (K) yang terdiri dari K0 (0 Ton/Ha /0 kg/m2), K1 (10 Ton/Ha / 9 kg/m2), K2 (20 Ton/Ha / 18 kg/m2) dan K3 (30 Ton/Ha / 27 kg/m2). Terdapat 4 taraf dan 3 ulangan sehingga diperoleh 12 satuan percobaan. Hasil analisis sidik ragam menunjukkan bahwa pengolahan tanah memberi perubahan pada sifat fisika-mekanika tanah terhadap pertumbuhan tanaman kedelai seperti, struktur, tekstur tanah dan berpengaruh nyata pada porositas serta berat isi tanah, tetapi tidak berpengaruh pada permeabilitas dan tahanan penetrasi. Perlakuan pemberian pupuk kandang tidak berpengaruh terhadap tinggi tanaman 10 HST dan 30 HST tetapi berpengaruh terhadap tinggi tanaman 20 HST. Pemberian pupuk kandang berpengaruh nyata terhadap jumlah daun 10 HST , namun pemberian pupuk kandang tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah daun pada 20 HST dan 30 HST. Pemberian pupuk kandang tidak berpengaruh nyata pada luas tajuk tanaman pada umur 20 HST dan berpengaruh nyata terhadap lingkaran kanopi tanaman pada umur 10 HST dan 30 HST. Sedangkan pada pemberian pupuk kandang tidak berpengaruh terhadap panjang akar, bobot basah berangkasan dan bobot kering berangkasan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH LINTASAN TRAKTOR RODA EMPAT DAN PEMBERIAN PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KACANG BUNCIS (PHASEOLUS VULGARIS L.) (Asmar Wiranto Aritonang, 2017)

PENGARUH KEDALAMAN PENGOLAHAN TANAH DENGAN MENGGUNAKAN BAJAK PIRING TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIKA-MEKANIKA TANAH DAN PERTUMBUHAN SERTA PRODUKSI KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERRIL) (Almuna Ramadhani, 2014)

PENGARUH LINTASAN TRAKTOR DAN PEMUPUKAN FOSPAT TERHADAP PERUBAHN BEBERAPA SIFAT FISIKA-MEKANIKA TANAH DENGAN SAWI SEBAGAI TANAMAN INDIKATOR (Zulfikar, 2016)

PENGARUH PEMBENAH TANAH DAN POLA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG (ZEA MAYS L.) DAN KEDELAI (GLYCINE MAX L.) PADA TANAH PODSOLIK (Ridha Arjuna, 2017)

PENGARUH LINTASAN TRAKTOR DENGAN MENGGUNAKAN BAJAK SINGKAL TERHADAP PERUBAHAN SIFAT FISIKA-MEKANIKA TANAH DAN PERTUMBUHAN SERTA PRODUKSI TANAMAN KACANG HIJAU (VIGNA RADIATA L.) (Riska fahrunnisa zr, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy