//

ANALISIS KEBUTUHAN INVESTASI SEKTOR PERTANIAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL FAIZUN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar investasi yang dibutuhkan untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sektor pertanian, prioritas pengembangan komoditi pertanian yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Aceh, dan komoditi pertanian di sektor mana yang memberi dampak besar pada kesejahteraan masyarakat dengan adanya investasi yang ditanamkan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Investasi dan Promosi Aceh maupun instansi lain yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan metode Incremental Capital Output Ratio ICOR, hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai ICOR dalam kelompok tanaman pangan dan perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan masing-masing sebesar 2,926, 0, 0,108, 0,298. Hal ini bermakna bahwa untuk menghasilkan pertumbuhan PDRB sebesar 1 persen, pada keempat komoditi tersebut diperlukan pertumbuhan investasi sebesar 2,926, 0, 0,108, 0,298 persen. Pada pertumbuhan rata-rata 4 persen per tahun, kebutuhan investasi lima tahun kedepan untuk komoditi tanaman pangan dan perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan masing-masing adalah sebesar 58,51, 0, 2,16, 5,95 persen dari nilai PDRB saat ini. Pada tingkat pertumbuhan 4 persen pengembangan komoditi yang berdampak bagi kesejahteraan yakni tanaman pangan dan perkebunan membutuhkan investasi lima tahunan sebesar 682 miliar setara dengan 58,51 persen dari PDRB. Kata Kunci : Investasi, Incremental Capital Output Ratio (ICOR), Pembangunan Pertanian

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH INVESTASI SEKTOR PERTANIAN TERHADAP KESEMPATAN KERJA SEKTOR PERTANIAN DI PROVINSI ACEH (Ayudi Khaira, 2021)

ANALISIS KEBUTUHAN INVESTASI SEKTOR PERTANIAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI ACEH (NURUL FAIZUN, 2016)

PENGARUH JUMLAH TENAGA KERJA, EKSPOR, INVESTASI DAN KREDIT PERBANKAN SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB)RN SEKTOR PERTANIAN PROVINSI ACEH (ANITA FAIZIAH, 2014)

ANALISIS PENGARUH INVESTASI INFRASTRUKTUR PUBLIK TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI ACEH (Meta Wulandari, 2015)

PENGARUH INVESTASI PADA SEKTOR PERTANIAN TERHADAP KESEMPATAN KERJA DI PROVINSI ACEH (VIRDA ZIKRIA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy