//

MODAL SOSIAL MASYARAKAT TRANSMIGRASI PADA MASA KONFLIK DAN PASCA KONFLIK (STUDI KOMPARATIF DI GAMPONG JANTHO BARU KECAMATAN KOTA JANTHO KABUPATEN ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURSUSANTI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kota Jantho adalah salah satu Ibukota Kabupaten di Provinsi Aceh yaitu Kabupaten Aceh Besar. Kota Jantho juga merupakan Ibukota dan pusat pemerintahan Kabupaten Aceh Besar. Di daerah ini terdapat daerah transmigrasi yaitu di Gampong Jantho Baru kecamatan Jantho. Jumlah penduduk yang selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya menyebabkan penduduk di kepulauan Jawa semakin padat. Inilah yang menyebabkan mereka ikut program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup mereka yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Melihat kondisi ini maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui modal sosial masyarakat transmigrasi pada masa konflik dan pasca konflik di Gampong Jantho Baru Kecamatan Jantho serta mengetahui kendala yang dihadapi masyarakat transmigrasi di Gampong Jantho Baru Kecamatan Jantho pada saat bertahan dalam situasi konflik. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang bertolak dari asumsi tentang realitas atau fenomena sosial yang bersifat unik dan komplek. Pengumpulan data dilakukan dengan cara, yaitu observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori modal sosial dimana teori ini untuk melihat modal sosial yang dimiliki masyarakat transmigrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerjaan tetap yang dimliki masyarakat transmigrasi di Gampong Jantho Baru serta peran aktif masyarakat transmigrasi dalam kelembagaan di Gampong Jantho Baru, dan perkawinan campuran. Masyarakat transmigran juga mendapat kendal pada masa konflik dimana ketidaknyaman situasi mengakibatkan sulitnya mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kata kunci : Modal sosial, Masyarakat Transmigrasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN DESA TRANSMIGRASI JANTHO BARU KABUPATEN ACEH BESAR 1984-2013 (tm ramadahani, 2014)

INTERAKSI SOSIAL DAN MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT TANI DI KECAMATAN INDRA JAYA KABUPATEN PIDIE PASCA MOU (Jamaluddin, 2020)

IMPLEMENTASI PERATURAN PENYELAMATAN ANAK PASCA BENCANA KONFLIK SOSIAL (STUDI KASUS DI KECAMATAN BATEE DAN KECAMATAN TIRO KABUPATEN PIDIE) (LISA RAHMI, 2016)

KONFLIK PERBATASAN DI KECAMATAN TANGAN-TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (STUDI KASUS ANTARA GAMPONG PADANG BAK JEUMPA, GAMPONG GUNONG CUT, DAN PADANG HARAPAN) (FELI YULIDA, 2016)

KONFLIK ANTARA ETNIS PENDATANG DI TANAH GAYO (INTERAKSI SOSIAL ANTARA ETNIS JAWA DAN ETNIS ACEH DI KAMPUNG GAYO MURNI KECAMATAN ATU LINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH, 1989-2015) (Nanda Winar Sagita, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy