//

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTSN TUNGKOB KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HUSNA MAULIDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Metode pembelajaran, spontaneous group discusion, hasil belajar, IPS Terpadu Metode Spontaneous Group Discusion merupakan metode diskusi kelompok yang tidak direncanakan sebelumnya, tetapi dilaksanakan secara spontan dan sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan respon siswa terhadap metode pembelajaran Spontaneous Group Discusion. Subjek dan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 MTsN Tungkob yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dan lembar respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan individual pada siklus pertama 74%, pada siklus kedua 83% dan pada siklus ketiga 93%. Ketuntasan klasikal pada siklus pertama 60%, pada siklus kedua 70% dan pada siklus ketiga 90%, aktivitas guru dan siswa dari siklus I, II sampai siklus III telah terjadi perubahan lebih baik dan sudah dikategorikan sesuai dengan standar waktu yang ditetapkan. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus pertama memperoleh skor 2,6 dengan kategori baik, pada siklus kedua memperoleh skor 2,8 dengan kategori baik dan pada siklus ketiga menjadi 2,9 dengan kategori baik. Respon siswa terhadap metode pembelajaran sebanyak 90% siswa mengatakan menerangkan pembelajaran yang telah mereka ikuti menarik, respon siswa terhadap pemahaman materi pelajaran sebanyak 86% siswa mengatakan bahwa mereka memahami materi pelajaran yang telah diikuti. Respon siswa terhadap materi pembelajaran sebanyak 63% siswa mengatakan materi yang dipelajari menarik. Respon siswa terhadap soal yang digunakan sebanyak 73% siswa mengatakan soal yang digunakan baik, sebanyak 73% siswa mengatakan suasana kelas menyenangkan, respon siswa terhadap penampilan guru sebanyak 100%, ada 93% siswa sangat berminat untuk mengikuti pembelajaran ini pada pertemuan yang selanjutnya, kemudian 86% siswa mengatakan penggunakan metode pembelajaran Spontaneous Group Discussion dapat memperjelas pemahaman siswa terhadap materi yang sedang dipelajari.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Rosnita, 2015)

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOTIVASIONAL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIRN DI MTSN TUNGKOB (yettika sari elvia, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK RNMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI RNPESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS VIII-6 RNMTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Nurul Sakdah, 2015)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTSN TUNGKOB KABUPATEN ACEH BESAR (HUSNA MAULIDA, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVENMENT DIVISION DENGAN TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII MTSN 2 ACEH BESAR (Syafawi Jamil Berkat, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy