//

KENDALA USAHATANI JABON (ANTHOCEPHALUS CADAMBA) DI DESA SEUNEBOK PADANG KECAMATAN TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMAT WAYUDI - Personal Name
SubjectAGRICULTURAL PRODUCTIVITY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

KENDALA USAHATANI JABON (Anthocephalus cadamba) DI DESA SEUNEBOK PADANG KECAMATAN TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA OLEH Rahmat Wayudi / Agribisnis Unsyiah ABSTRAK Subsektor kehutanan merupakan sektor yang sangat penting dalam perekonomian nasional. Di Indonesia subsektor kehutanan memiliki peranan sebagai penggerak sektor ekonomi. Jabon memiliki beberapa keunggulan di bandingkan dengan tanaman kayu rimba lainnya yakni daya tumbuh yang sangat cepat karena pada usia 5-7 tahun sudah dapat di tebang, tingkat kelurusannya tinggi, berbatang silinder, cabang yang ada pada masa pertumbuhan akan rontok dengan sendirinya ketika pohon meninggi (sifat ini menguntungkan karena tidak memerlukan aktifitas pemangkasan) dan harga jualnya yang relatif tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala pada subsector agroinput, agroproduksi, serta agroniaga yang dihadapi oleh petani jabon. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Seunebok Padang Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya dengan sampel petani jabon yang ditentukan dengang teknik purposive sampling. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala di dalam subsektor agroinput, agroproduksi, dan agroniaga yang dihadapi petani jabon adalah sulitnya mendapatkan bibit, mesin dan alat pertanian, sulitnya menekan angka kematian pada masa pembenihan dan pembibitan, sulitnya permodalan, tingginya biaya produksi untuk tenaga kerja, pengangkutan pupuk dan hasil panen, biaya alat dan mesin yang sangat tinggi, serta tidak adanya informasi mengenai pasar mana yang paling efesien untuk kegiatan pemasaran jabon. Kata Kunci : Jabon, Kendala, Agroinput, Agroproduksi, Agroniaga

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PRODUKSI DAN KEUNTUNGAN USAHA PEMBIBITAN TANAMAN JABON (ANTHOCEPALUS CADAMBA) PADA NURSERI GENERASI ACEH HIJAU DI JALAN PANGOE RAYA DESA ILIE KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Al-Fajrien, 2013)

ANALISIS KELAYAKAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI TEMBAKAU DI DESA MEURANDEH ALUE KECAMATAN BANDAR DUA KABUPATEN PIDIE JAYA (Bustami, 2014)

ANALISIS FINANSIAL USAHATANI KAKAO (THEOBREMA CACAO L.)DI KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE (Ahmadun Syawal, 2020)

KONTRJBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN BURUH TANI PISANG TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DIKECAMATAN PADANG TIJI KAB UPATEN PIDIE (Nadya Aiza Hikmah, 2020)

ANALISIS PENDAPATAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI KEMIRI (ALEURITES MOLUCCANA) DI DESA IE SUUM KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (HIKMAH WAHYUNI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy