//

PREDIKSI EROSI DI SUB-SUB DAS MEULEUSONG DAN ALUE PINEUNG SUB DAS KRUENG JREU, KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Anfal Bakhtiar - Personal Name

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya erosi dan tingkat bahaya erosi yang terjadi di Sub - sub DAS Meuleusong dan Alue Pineung, Sub DAS Krueng Jreu, Kabupaten Aceh Besar yang berlangsung dari bulan Juli sampai dengan Desember 2014 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey deskriptif yang didasarkan pada hasil pengamatan dilapangan dan analisis tanah di laboratorium. Erosi dihitung dengan menggunakan persamaan USLE ( Universal Soil Loss Equation ) yang dikemukakan oleh Wishmeuer dan Smith pada tahun 1978. Metode ini mengamati beberapa aspek seperti nilai indeks erosivitas hujan, nilai erodibilitas, faktor panjang dan kemiringan lereng, faktor pengelolaan tanaman dan faktor upaya konservasi. Tahapan dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut : Persiapan, yaitu pengumpulan peta lokasi penelitian, pengumpulan data, analisis laboratorium, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dilokasi penelitian terdapat 11 satuan peta lahan (SPL) yang terbagi 5 SPL untuk kawasan Alue Pineung dan 6 SPL untuk kawasan Meuleusong dengan total luas 1316,67 ha. Erosi aktual dan potensial tertinggi dijumpai pada SPL 6 yaitu 310,93 ton ha-1 th-1 dan 1554,7 ton ha-1 th-1 untuk kawasan Sub – sub DAS Meuleusong. Erosi aktual dan potensial untuk kawasan Sub – sub DAS Alue Pineung tertinggi dijumpai pada SPL 3 yaitu 145,10 ton ha-1 th-1 dan SPL 3 yaitu 725,52 ton ha-1 th-1. Terdapat 3 kelas tingkat bahaya erosi yaitu tingkat bahaya erosi sangat ringan (SR) pada SPL 1 untuk kawasan Meuleusong dan SPL 1,2,4dan 5 untuk kawasan Alue Pineung, tingkat bahaya erosi ringan (R) pada SPL 2 dan tingkat bahaya erosi sedang (S) pada SPL 3,5 dan 6 untuk kawasan Meuleusong dan SPL 3 untuk kawasan Alue Pineung.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEANEKARAGAMAN DAN POLA DISTRIBUSI BENTHOS DI PERAIRAN KRUENG JREU KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Mudrikatun Nafisah, 2017)

IDENTIFIKASI TINGKAT KEKRITISAN LAHAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) PADA SUB DAS KRUENG JREU KABUPATEN ACEH BESAR (Melinda Indra, 2020)

GASTROPODA YANG MENDOMINASI PADA SALURAN PRIMER IRIGASI KRUENG JREU BERDASARKAN DEBIT AIR TERTINGGI DAN TERENDAH DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Taryanto, 2014)

KEANEKARAGAMAN JENIS KUPU-KUPU DI KAWASAN KRUENG JRUE KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Paradis Syukur, 2019)

KARAKTERISTIK TUMBUHAN PAKAN MONYET EKOR PANJANG (MACACA FASCICULARIS) DI DESA RITING KAWASAN HUTAN KRUENG JREU, KABUPATEN ACEH BESAR (YASMANIJAR, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy