PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERIPERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMPN 18 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERIPERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMPN 18 BANDA ACEH


Pengarang

Irna Handri Mastuti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103020024

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci : pembelajaran kooperatif tipe STAD, pendekatan scientific, hasil belajar
Salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah menengah adalah mengarahkan siswa dalam pencapaian hasil belajar. Namun kenyataannya pencapaian hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan model kooperatif tipe STAD melalui pendekatan scientific dan tanpa pendekatan scientific.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan experiment research. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Banda Aceh, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-3 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-5 yang berjumlah 29 orang sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar matematika. Analisis data tes menggunakan statistik uji-t dengan taraf signifikan ? = 0,05.Hasil penelitian di dapat nilai thitung>ttabel atau 2,78>2,00. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan model kooperatif tipe STAD melalui pendekatan scientific dan tanpa pendekatan scientific pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMPN 18 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK