//

STRATEGI NELAYAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN RUMAH TANGGA (STUDI KASUS NELAYAN DESA LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ainul Mardhiah - Personal Name
SubjectFISHERMAN
POVERTY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

STRATEGI NELAYAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus Nelayan Desa Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh) Ainul Mardhiah/Agribisnis Universitas Syiah Kuala ABSTRAK Pendapatan yang tidak menentu dan berfluktuasi dengan musim, menimbulkan masalah dalam keluarga. Mengingat kebutuhan dan keinginan keluarga selalu berkembang dan tidak pernah puas, serta pendapatan nelayan yang rendah. Maka dibutuhkan strategi untuk memenuhi kebutuhan ketika terjadi penurunan pendapatan. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi kebutuhan rumah tangga nelayan, dan strategi nelayan dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. Serta mengetahui faktor-faktor yang mendorong nelayan melakukan strategi dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga di Desa Lampulo. Penelitian dilakukan di Desa Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik penelitian deskriptif. Kebutuhan rumah tangga nelayan dilihat dari pendapatan dan pengeluaran keluarga nelayan. Rata-rata total pendapatan rumah tangga nelayan sebesar Rp 2.016.944 per bulan sedangkan rata-rata total pengeluaran rumah tangga nelayan adalah sebesar Rp 1.928.611 per bulan. Pendapatan rumah tangga nelayan selain berasal dari kepala keluarga, juga dari hasil upah istri dan anak nelayan yang telah bekerja. Strategi yang dilakukan oleh rumah tangga nelayan yaitu memanfaatkan sistem jaringan sosial, dan diversifikasi kerja anggota keluarga. Faktor-faktor yang mendorong nelayan dalam melakukan strategi dipengaruhi oleh faktor internal yaitu fluktuasi musim tangkapan, rendahnya pendapatan nelayan dan pengeluaran untuk kebutuhan. Sedangkan faktor eksternal yaitu dukungan keluarga dan dukungan pemilik kapal. Kunci: Pendapatan, Pengeluaran, Strategi Nelayan, Faktor yang Mempengaruhi Strategi Nelayan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENDAPATAN NELAYAN PASCA TSUNAMI DI DESA LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (Cut Ida Fitri, 2020)

ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN NELAYAN BOAT PANCING DI DESA LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Nopisa Putra M, 2020)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN NELAYAN DI DESA LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Indriansyah, 2021)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGERUHI PENGELUARAN KONSUMSI RUMAH TANGGA NELAYAN DAN PEDAGANG IKAN DI DESA LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Siti Rahmawati, 2021)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA NELAYAN DI DESA ALUE NAGA KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Reza Kurniaty, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy