//

PENGARUH DOSIS MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DUA VARIETAS SORGUM (SORGHUM BICOLOR (L.) MOENCH) PADA TANAH ENTISOL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmad Agustian - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dosis mikoriza terhadap dua varietas sorgum yang diujikan pada tanah Entisol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dosis mikoriza 10 g/tanaman secara keseluruhan lebih baik daripada dosis mikoriza lainnya untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil sorgum, walaupun pada beberapa parameter lainya tidak berbeda nyata dengan dosis 0 g/tanaman (D0). varietas terbaik dijumpai pada varietas Putih (V1). Namun untuk diameter batang 15 HST, panjang malai dan bobot segar akar terbaik dijumpai pada varietas Merah (V2). Penggunaan varietas Putih (V1) dapat berinteraksi baik dengan pemberian dosis mikoriza 10 g/tanaman (D2) pada parameter tinggi tanaman 15 dan 45 HST, diameter batang 30 dan 45 HST, dan bobot biji per tanaman. Sedangkan, pada penggunaan varietas Merah mampu berinteraksi baik dengan dosis mikoriza 5 g/tanaman pada diameter batang umur 15 HST. Hal ini memberikan indikasi bahwa varietas Putih lebih merespon terhadap pemberian mikoriza dengan dosis 10 g/tanaman, sedangkan varietas Merah lebih merespon pada pemberian mikoriza dengan dosis 5 g/tanaman. Kata Kunci: Dosis mikoriza, Pertumbuhan dan hasil tanaman sorgum, Tanah Entisol dan Varietas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH JENIS MIKORIZA DAN ARANG SEKAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL SORGUM (SORGHUM BICOLOR (L.) MOENCH) PADA TANAH ENTISOL (Tri Setyawan, 2017)

DAYA DUKUNG MIKORIZA TERHADAP BEBERAPA VARIETAS KEDELAI PADA TANAH ENTISOL (Afdhalul Hilza, 2016)

PENGARUH DOSIS MIKORIZA GIGASPORA SP. TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS CABAI (CAPSICUM ANNUUM L.) PADA TANAH ENTISOL (Desi Novianti, 2017)

PENGARUH VARIETAS DAN DOSIS MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI (CAPSICUM ANNUM L.) PADA TANAH ANDISOL (MIZAN MAULANA, 2016)

EFEKTIVITAS DOSIS MIKORIZA CAMPURAN (GLOMUS MOSSEAE DAN GIGASPORA SP.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS CABAI (CAPSICUM ANNUUM L.) PADA TANAH ANDISOL BURNI TELONG KABUPATEN BENER MERIAH (Maulana Zubir, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy