//

KESIAPAN BERWIRAUSAHA PADA SISWA TATA BUSANA SMK NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FIFI AYUWANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Kesiapan Berwirausaha, Tata Busana Penelitian berjudul “Kesiapan berwirausaha pada siswa tata busana SMK Negeri 3 Banda Aceh” bertujuan untuk mengetahui kesiapan berwirausaha bagi siswa, pengaruh pengetahuan kewirausaahan dan pengalaman praktik industri dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan berwirausaha pada siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SMK Negeri 3 Banda Aceh bidang keahlian Tata Busana tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 94 orang. Dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebesar 56 siswa, penentuan sampel diambil secara purposive sampling. Metode yang digunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penyebaran angket tertutup untuk mendapatkan data yang sebenarnya. Teknik pengolahan data menggunakan rumus distribusi frekuensi yaitu nilai persentasi yang terbesar dari jawaban responden. Dari hasil pengolahan data menunjukkan pada umumnya siswa SMK Negeri 3 Banda Aceh memiliki kesiapan berwirausaha pada kategori tinggi, karena siswa yakin dengan ilmu yang sudah di dapatnya untuk berwirausaha. pengetahuan kewirausaahan dan pengalaman praktik industri berperan penting terhadap kesiapan berwirausaha,karena didukung oleh bimbingan dan praktik dari sekolah dan praktik dunia usaha. Orang tua, teman, lingkungan tempat tinggal menjadi faktor yang mempengaruhi kesiapan berwirausaha. Semakin tinggi/besar dukungan orang tua, teman, dan lingkungan tempat tinggal maka akan semakin besar/tinggi kesiapan berwirausaha pada siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa SMK Negeri 3 Banda Aceh dengan ilmu yang sudah dimilikinya siap untuk berwirausaha. Disarankan kepada siswa tata busana SMK Negeri 3 Banda Aceh agar jiwa berwirausaha dapat tumbuh dalam dirinya, mampu mengembangkan wirausaha dalam bentuk nyata, karena SMK dipersiapkan kelak untuk memasuki lapangan pekerjaan baik melalui jenjang karier menjadi tenaga kerja di tingkat menengah maupun mandiri, kemudian perlu ditingkatkan kerjasama dari pihak sekolah dan industri untuk mendidik siswa menjadi seorang wirausaha dan membantu siswa dalam berkarya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN FASILITAS LABORATORIUM TATA BUSANA SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA SMK NEGERI 1 KOTA JANTHO (MASYITAH, 2016)

PENGEMBANGAN KEWIRUSAHAAN DI KALANGAN ALUMNI SMK NEGERI 1 CALANG (Rina Murfiana , 2016)

TATA LAKSANA WAKTU UNTUK BERWIRAUSAHA BAGI MAHASISWA PRODI PKK FKIP UNSYIAH (Lestari, 2018)

PERAN PENJAHIT MODISTE DALAM MENGANALISIS KESESUAIAN BUSANA DENGAN BENTUK TUBUH PELANGGAN (ASNA IKHWANI, 2021)

PENGGUNAAN BUSANA SERAGAM KERJA PADA SAAT PRAKTIKUM DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH (ISNAWATI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy