//

PENERAPAN METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DAMPAK GLOBALISASI DI BERBAGAI KEHIDUPAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) KELAS IX SMP NEGERI 6 JAYA KABUPATEN ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Nasir HS - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
INQUIRI METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Metode Inkuiri, Hasil Belajar. Penelitian ini mengkaji tentang: Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada Materi Dampak Globalisasi di Berbagai Kehidupan Kelas IX di SMP Negeri 6 Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan metode inkuiri dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan model Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 9 orang. Hasil penelitian: (1) Pra tindakan ditemukan, dari 9 orang siswa yang dijadikan sebagai subjek dalam penelitian ini, hanya 1 orang siswa yang memperoleh skor 60. 1 orang siswa memperoleh skor 55, 2 orang siswa memperoleh nilai 50, 4 orang siswa memperoleh nilai 45, dan 1 orang siswa memperoleh nilai 40. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada satu orang siswapun yang memperolah nilai sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 65, (2) Tindakan I ditemukan, pada akhir tindakan setelah dievaluasi didapatkan hasil sebagai berikut: 3 orang siswa memperoleh skor nilai 65, 4 orang siswa memperoleh nilai 60, 1 orang siswa memperoleh nilai 50, dan 1 orang siswa 40. Perolehan skor yang demikian menunjukkan bahwa mayoritas siswa belum dapat mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal 65, dan (3) Tindakan II ditemukan, Pada akhir tindakan II setelah dievaluasi di dapatkan hasil sebagai berikut: 4 orang siswa memperoleh skor nilai 70, 4 orang siswa memperoleh nilai 65, dan 1 orang siswa memperoleh nilai 50. Perolehan skor yang demikian menunjukkan bahwa mayoritas siswa sudah dapat mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal 65. Simpulan: (1) Sebelum dilakukan penerapan metode inkuiri dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada materi Dampak Globalisasi di Berbagai Kehidupan hasil belajar siswa masih sangat rendah dan (2) Setelah diterapkan metode inkuiri dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada materi Dampak Globalisasi di Berbagai Kehidupan hasil belajar siswa cenderung meningkat. Saran: (1) Bagi lembaga pendidikan, hendaknya melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran serta mengadakan pelatihan terhadap guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) terutama di daerah-daerah terpencil dan (2) Bagi guru, hendaknya terus melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas pembelajarannya dengan menerapkan berbagai metode, strategi, model, dan media pembelajaran yang variatif.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Yusna, 2021)

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INQUIRI PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI GAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MURID DI KELAS IV SD NEGERI 22 BANDA ACEH (Imelda, 2014)

PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN PENAMPAKAN BUMI DAN LANGIT DI KELAS IV SD NEGERI 6 JAYA KABUPATEN ACEH JAYA (Anjar Asmara, 2015)

PERSEPSI GURU DALAM MENERAPKAN MODEL INKUIRI BERBASIS CTL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI KABUPATEN GAYO LUES (Sumini, 2020)

EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ENERGI PANAS DIRNKELAS IV SD NEGERI MEUNASAH TUTONGRNKECAMATAN INGIN JAYARNACEH BESAR (Aninah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy