//

PENGARUH JENIS MEDIA DAN KONSENTRASI PUPUK HAYATI BIOBOOST TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEAE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Enga Fadhli - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 3 × 4 dengan 3 ulangan yaitu faktor jenis media dan konsentrasi pupuk hayati Bioboost. Faktor media tanam terdiri atas 3 yaitu: media jerami padi, tandan kosong kelapa sawit, dan pelepah pisang kering. Faktor pemberian konsentrasi pupuk hayati Bioboost terdiri dari 4 taraf : tanpa pemberian (kontrol), pemberian 1, 2, dan 3 ml/l air. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah, jumlah badan buah/plot, diameter badan buah, panjang badan buah, dan berat badan buah jamur merang panen ke 1, 2, 3, 4, dan 5 hari. Berdasarkan hasil penelitian, media tumbuh berpengaruh sangat nyata terhadap panjang badan buah jamur merang pada panen hari ke 4. Media tumbuh berpengaruh nyata terhadap jumlah badan buah panen hari ke 4, diameter badan buah panen ke 3 dan 4 hari serta berpengaruh nyata terhadap berat badan buah panen ke 3 dan 4 hari. Perlakuan media tumbuh yang terbaik diperoleh pada media tandan kosong kelapa sawit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi pupuk hayati Bioboost berpengaruh sangat nyata terhadap berat badan buah panen hari ke 2, berpengaruh nyata terhadap diameter badan buah dan panjang badan buah jamur merang panen hari ke 2. Perlakuan konsentrasi pupuk hayati Bioboost yang terbaik diperoleh pada perlakuan kontrol atau tanpa pemberian pupuk hayati Bioboost. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi yang nyata terhadap berat badan buah panen hari ke 2. Perlakuan media tanam pelepah pisang kering dengan konsentrasi pupuk hayati Bioboost dengan taraf 2 ml/l air menunjukkan kombinasi yang terbaik dibandingkan dengan perlakuan lainnya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERTUMBUHAN JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA) PADA MEDIA TANAM JERAMI PADI DAN LIMBAH SEKAM (Aslam Bustamam, 2017)

PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA (BULL.) FRIES) PADA KOMBINASI MEDIA TANAM JERAMI DAN AMPAS KOPI (IRFA MASYURA, 2020)

PENGARUH KOMBINASI SUBSTRAT MEDIA TUMBUH TERHADAP PRODUKSI DAN KUALITAS JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA) (Mardiana, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN PUPUK ORGANIK CAIR DAN PUPUK HAYATI DENGAN BERBAGAI KONSENTRASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KADAR VITAMIN C PADA BUAH STROBERI (FRAGARIA VIRGINIANA) (RUSMAWARNI, 2016)

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TUMBUH DAN KONSENTRASI MOLASE TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEAE L.) (LAILATUL FAJRI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy