//

PENYEBAB MENURUNNYA SUARA PARTAI DEMOKRAT PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dian Maulana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Partai Demokrat merupakan partai pemenang pemilu legislatif 2009 secara Nasional. Namun pada pemilu legislatif 2014 suara Partai Demokrat mengalami penurunan di tingkat pusat maupun daerah. Di kota Banda Aceh suara Partai Demokrat menurun drastis sehingga mengakibatkan perolehan kursi di DPRK yang sebelumnya 8 kursi menjadi 5 kursi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang menyebabkan menurunnya suara partai demokrat pada pemilu legislatif 2014 di Kota Banda Aceh dan untuk mengetahui eksistensi Partai Demokrat pada pemilu legislatif 2014 di kota Banda Aceh. Berdasarkan tujuan tersebut, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa penyebab menurunnya suara Partai Demokrat pada pemilu legislatif 2014 di kota Banda Aceh, diantaranya faktor tokoh partai dan calon legislatif yang di usung partai, hadirnya partai-partai baru, dan kasus korupsi di pusat walaupun dampak langsungnya tidak dirasakan. Eksistensi menghadapi pemilu legislatif dalam proses pemenangan di lakukan dengan cara menggunakan strategi marketing politik yang meliputi : strategi inti, strategi sumber daya, jaringan dengan pemilih dan posisi incumbent. Kesimpulan menunjukkan bahwa penyebab menurunnya suara Partai Demokrat pada pemilu legislatif 2014 di kota Banda Aceh mengerucut kepada tokoh partai dan ketokohan calon legislatifnya, hal ini menandakan bahwa figur masih menjadi lebih penting pengaruhnya di bandingkan partai, munculnya partai-partai baru mengakibatkan pergeseran suara dan kasus korupsi di pusat walau tidak di rasakan langsung dampaknya tetapi image negative masih membekas di benak pemilih. Eksistensi yang di lakukan Partai Demokrat bisa di katakan berjalan tetapi belum maksimal dan tingkat eksistensinya cenderung menurun jika dibandingkan dengan pemilu legislatif 2009. Kata Kunci: Penyebab Menurunnya Suara, Partai Demokrat dan Pemilu Legislatif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEKALAHAN PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KOTA BANDA ACEH (WAHYU RINALDI, 2015)

KEKALAHAN CALON LEGISLATIF PEREMPUAN DARI PARTAI ACEH PADA PEMILU LEGISLATIF DI KOTA BANDA ACEH TAHUN 2014 (Muh.ikramullah, 2017)

KEKALAHAN PARTAI GOLKAR DI DAPIL 4 KOTA BANDA ACEH PADA PEMILU TAHUN 2019 (MUHAMMAD MAUVAL ZUHRIANSYAH, 2020)

POLA KOMUNIKASI POLITIK KADER PARTAI NASIONAL DEMOKRAT PADA PEMILIHAN LEGISLATIF DEWAN PERWAKILAN RAKYAT KOTA BANDA ACEH TAHUN 2014 (Muhammad Ichsan , 2015)

STRATEGI KEMENANGAN PARTAI ACEH PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 DI KABUPATEN SIMEULUE (Dafril Efendi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy