//

PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, ARUS KAS BEBAS, DAN LEVERAGE KEUANGAN TERHADAP PEMBAYARAN DIVIDEN TUNAI PADA SAHAM-SAHAM BLUE CHIP (LQ 45) PADA BEI TAHUN 2009-2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Doni Kasmon - Personal Name
SubjectDIVIDENS-ACCOUNTING
STOCKS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Akuntansi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Dividen dapat mengurangi konflik kepentingan antara pemegang saham (principal) dengaan manajer (agent), namun sebelum dividen tersebut dibagikan, banyak faktor yang harus diperhatikan, karena menyangkut keberlangsungan perusahaan di masa yang akan datang. Disamping itu dalam hal pembagian dividen, juga dipengaruhi oleh banyak hal, diantaranya distribusi kepemilikan saham, adanya arus kas bebas dan persentase utang dengan modal perusahaan. Oleh karena itu, tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mendiskusikan pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, arus kas bebas, dan leverage keuangan terhadap pembayaran dividen tunai. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, berdasarkan kriteria yang dibuat. Kriteria tersebut adalah perusahaan yang berhasil selama lima tahun berturut-turtut masuk dalam daftar perusahaan yang selalau diumumkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) masuk dalam saham perusahaan kategori LQ 45. Dari kriteria yang dibuat tersebut diperoleh 110 sampel dari 22 perusahaan, selama kurun waktu 2009-2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama semua variabel bebas yang terdiri dari kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, arus kas bebas, dan leverage keuangan terbukti memiliki pengaruh secara signifikan terhadap pembayaran dividen tunai. Ketika dilakukan uji secara parsial, kepemilikan manajerial dan arus kas bebas, tidak terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap pembayaran dividen tunai, sementara kepemilikan institusionaldan leverage keuangan terbukti berpengaruh negatif secara signifikan terhadap pembayaran dividen tunai.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH JAMINAN ASET, KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK, ARUS KAS BEBAS, DAN SET KESEMPATAN INVESTASI TERHADAP DIVIDEN TUNAI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (CUT BELLA PARAMITHA, 2017)

PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KEPEMILIKAN PEMEGANG SAHAM BLOK TERHADAP BIAYA AGENSI PADA PERUSAHAAN NON-KEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) (RIFKA DEVI, 2021)

PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA (REKA DINA, 2019)

PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, FINANCIAL LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA (SRI WAHYUNI, 2015)

STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN ARUS KAS SEBAGAI PENENTU KEBIJAKAN DIVIDEN PERUSAHAAN DI INDONESIA (MUHAMMAD HUSEIN AZHARI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy