//

PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI GUE GAJAH ACEH BESAR PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI GUE GAJAH ACEH BESAR PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI GUE GAJAH ACEH BESAR PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI GUE GAJAH ACEH BESAR pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada pelajaran ips kelas 5 di sd negeri gue gajah aceh besar

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang yusniar - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
EDUCATIONAL FACILITIES
SOCIAL SCIENCE - EDUCATIONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Adapun judul penelitian ini ”Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pada Pelajaran IPS Kelas V di SD Negeri Gue Gajah Aceh Besar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ” (1) Bagaimanakah pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPS SD Negeri Gue Gajah Aceh Besar? (2) Apa saja kendala dialami guru IPS dalam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada SD Negeri Gue Gajah Aceh Besar? Tujuan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPS SD Negeri Gue Gajah Aceh Besar dan mengetahui kendala dialami guru IPS dalam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada SD Negeri Gue Gajah Aceh Besar. Teknik pengumpulan data, observasi, angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas I-VI. Sedangkan sampel kelas V sebanyak 32 orang siswa dan 3 guru IPS. Hasil penelitian, pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar IPS pada siswa SD Negeri Gue Gajah dapat memudahkan pemahaman siswa, memotivasi belajar siswa, siswa giat belajar, prestasi lebih meningkat, siswa senang dalam mengikuti pembelajaran, siswa aktif dalam belajar dan menambah wawasan dan pengalaman pendidikan dengan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. Jenis-jenis lingkungan sebagai sumber dalam pembelajaran IPS yang digunakan guru SD Negeri Gue Gajah adalah lingkungan sekolah, lokasi lonsor, lingkungan masyarakat,Lingkungan Pasar,lingkungan pameran, lingkungan Musium,lingkungan gotong royong dan Kendala dialami guru IPS dalam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar berupa keterbatasan waktu yang tersedia sehingga tidak mencukupi waktu yang maksimal, kurangnya alat/media belajar yang tersedia disekolah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SUBTEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU KELAS IV SD NEGERI 3 JEUMPA KABUPATEN BIREUEN (Istialina, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN DENGAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PELAJARA IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 1 UNGGUL SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (Fasratun Nadia, 2015)

PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATERI STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA KELAS IV SD NEGERI BEUNGGA TANGSE (Rizka Faryatuni, 2014)

KORELASI KECENDERUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TIMANG GAJAH KECAMATAN GAJAH PUTIH KABUPATEN BENER MERIAH (Yurahayana, 2021)

PEMANFAATAN MUSEUM TSUNAMI ACEH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH (Lenni Muliana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy