//

PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP PERINGATAN BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN PADA IKLAN ROKOK DI MEDIA LUAR RUANGAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANSRI MELATI BERUTU - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang persepsi mahasiswa Universitas Syiah Kuala terhadap peringatan bahaya merokok bagi kesehatan pada iklan rokok di media luar ruangan. Peringatan bahaya merokok yang di maksud dalam penelitian ini, yaitu adanya perubahan peringatan bahaya merokok dari yang sebelumnya hanya menggunakan kalimat peringatan saja, tetapi sekarang lebih berbeda yaitu menggunakan kalimat pesan yang lebih singkat dengan menampilkan gambar pendukung seorang pria yang sedang merokok dan dua tengkorak kepala manusia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa Universitas Syiah Kuala terhadap peringatan bahaya merokok bagi kesehatan pada iklan rokok di media luar ruangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, teori yang digunakan yaitu teori AIDDA tetapi hanya mengambil tahap attention (perhatian) dan Interest (minat). perancangan alat ukur adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Syiah kuala yang masih aktif strata 1 dari angkatan 2011-2014 berjumlah 20.087 orang. Untuk menghitung jumlah sampel digunakan rumus slovin dengan presisi 10% dan tingkat kepercayaan 90%, sehingga jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 99 orang. Langkah-langkah dalam pengambilan sampel menggunakan Proportional stratified sampling serta purposive sampling. Lalu peneliti melakukan pengumpulan data dilapangan dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis tabel tunggal melalui SPSS (Statistical Product Service Solution) 16.00. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa Universitas Syiah Kuala terhadap peringatan bahaya merokok pada iklan rokok di media luar ruangan pada tahap attention (perhatian), lebih dari setengah (53,4%), dari mahasiswa mempunyai persepsi baik Sedangkan pada tahap interst (minat), lebih dari setengah (55,6%), mahasiswa mempunyai persepsi baik. Pernyataan ini, berdasarkan hasil gambaran interpretasi data pada analisis tabel tunggal. Kata kunci : Persepsi, bahaya merokok, Media luar ruangan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG BAHAYA MEROKOK DENGAN SIKAP DAN PERILAKU MEROKOK MAHASISWA KESEHATAN DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Nur Mahabbah, 2015)

PERSEPSI MAHASISWI PEROKOK PASIF TERHADAP IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (ILM) BAHAYA PEROKOK PASIF (STUDI PADA MAHASISWI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (AL IQBAL, 2019)

PEMAKNAAN PESAN IKLAN FEAR PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI TELEVISI (aslinda, 2016)

PENGARUH PERINGATAN VISUAL PADA BUNGKUS ROKOK TERHADAP PERILAKU MEROKOK PADA SISWA SMA KOTA BANDA ACEH (NOOR AZNIDAR ALDANI, 2015)

HUBUNGAN TAYANGAN IKLAN ROKOK DI MEDIA TELEVTSI DENGAN SIKAP MEROKOK PADA REMAJA (SUATU PENELITIAN PADA SISWA SMA NEGERI 4 KOTA BANDA ACEH) (Nur Asiah, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy