//

POLA INTERAKSI ALUMNI PESANTREN (ANALISIS PERSPEKTIF INTERAKSI SOSIAL PADA MAHASISWA SOSIOLOGI FISIP UNSYIAH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT HESTI DEWI SYAFITA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Santri adalah orang yang sedang belajar di pondok pesantren. Selama mondok di pesantren, seorang santri di anjurkan untuk bersikap ramah dan sederhana dan memiliki sifat solidaritas, rasa percaya diri, religius dan lain-lain dengan tujuan agar setelah tamat dari pesantren, seorang santri dapat berguna bagi masyarakat luar. Setelah keluar dari pesantren seorang santri menyandang status baru yaitu seorang alumni pesantren yang kini sedang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sebagai mahasiswa dengan latar belakang seorang santri, tentu perlu adanya proses penyesuaian diri dengan lingkungan yang baru alumni pesantren dituntut untuk membiasakan diri dengan keadaan/lingkungan baru. Dalam hal ini, tentu adanya proses interaksi yang terjalin antara alumni pesantren dengan mahasiswa yang dari lulusan SMA. Penelitian ini betujuan untuk melihat pola interaksi alumni dayah sebagai mahasiswa sosiologi FISIP Unsyiah dan peran alumni dayah di lingkungan kampus dengan latar belakang seorang santri. Teori yang digunakan adalah teori interaksi sosial yang dikemukan oleh Soejono Soekanto dan proses interaksi yang dikemukan oleh Gillin. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian Pola interaksi alumni dayah dengan mahasiswa yang non dayah, yaitu proses interksi asosiatif, adanya kerja sama, tolong menolong dan juga adanya keseimbangan, alumni pesantren, tidak hanya berinteraksi dengan mahasiswa non dayah, tetapi juga dengan masyarakat lainnya, dan masih menjalin komunikasi dengan sesama alumni dayah, selain itu alumni pesantren juga berperan aktif dalam organisasi yang di ikuti, alumni dayah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, tetapi tetap mempertahankan identitasnya sebagai seorang santri yang pernah mondok di dayah, dengan cara tetap bersikap ramah pada semua orang, menjaga etika, moral serta berpakaian sopan dengan mengenakan pakain yang tertutup Sebagai seorang mahasiswa alumni pesantren juga aktif dalam kegiatan kampus dan organisasi-organisasi islam yang mengutamakan masalah keagamaan. Kata kunci: Alumni Dayah, Pola Interaksi, Mahasiswa

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INTERAKSI SOSIAL DALAM KELOMPOK KECIL (ANALISA SOSIOLOGI PADA KELOMPOK PERSAHABATAN MAHASISWA SOSIOLOGI FISIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2015) (Nurul Hikmah, 2019)

PERUBAHAN INTERAKSI SOSIAL PADA PENGGUNA SMARTPHONE (STUDI PADA MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Syahril Fajar, 2018)

POLA INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA LUAR ACEH DAN MAHASISWA ACEH DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Hajiah, 2018)

PEMAKNAAN JILBAB DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI (SURI MONICA, 2021)

INTERAKSI SOSIAL ANTAR ORGANISASI KEMAHASISWAAN (ANALISIS TERHADAP INTERAKSI ANTARA BEM, HIMASIO, HIMAKASI DAN HIMAPOL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Defarul Andriansyah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy