//

ANALISIS CAKUPAN IMUNISASI DASAR ANAK DITINJAU DARI PENDEKATAN HEALTH BELIEF MODEL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IDA SURYAWATI - Personal Name
SubjectIMMUNIZATION-DISEASE CONTROL
CHILDREN-HEALTH
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Keperawatan Unsyiah
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ANALISIS CAKUPAN IMUNISASI DASAR ANAK DITINJAU DARI PENDEKATAN HEALTH BELIEF MODEL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR Ida Suryawati NIM: 1309200180028 Komisi Pembimbing: Dr. dr. Bakhtiar, Sp.A., M.Kes Asnawi Abdullah, BSc.PH., MHSM., MSc.HPPF., DLSHTM., Ph.D ABSTRAK Imunisasi merupakan upaya pencegahan primer yang efektif untuk menghindari anak dari penyakit infeksi. Cakupan imunisasi dasar yang lengkap di Indonesia masih rendah yang diduga berdasarkan beberapa faktor seperti pengetahuan dan keyakinan ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan pengetahuan dan keyakinan ibu tentang imunisasi dengan cakupan imuisasi. Metode yang digunakan yaitu analitik dengan pendekatan case control. Responden berjumlah 345 ibu yang memiliki anak usia 10-24 bulan terdiri dari 115 kelompok kasus dan 230 kelompok kontrol. Responden dipilih dengan Sistematic Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan di 29 desa dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan Odd Ratio (OR) pengetahuan ibu (OR=8,4), perceived susceptibility (OR=7,3), perceived severity (OR=4), perceived benefits (OR=4,9), perceived barriers (OR=38,9), dan cues to action (OR=10,4). Penelitian ini juga menunjukkan terdapat hubungan antara variabel tersebut diatas dengan cakupan imunisasi(p=0,000). Disimpulkan bahwa Perceived barriers merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi cakupan imunisasi (OR=38,9), dimana anak dari ibu dengan perceived barriers tinggi beresiko 38,9 kali tidak mendapatkan imunisasi lengkap dibandingkan anak dari ibu yang perceived barriers rendah. Dibutuhkan peran yang lebih aktif dari petugas kesehatan agar dapat meningkatkan pengetahuan ibu tentang manfaat imunisasi dan risiko penyakit sehingga dapat meningkatkan cakupan imunisasi secara berkesinambungan. Kata Kunci: pengetahuan ibu, keyakinan ibu, imunisasi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN IBU DAN JUMLAH ANAK DENGAN STATUS IMUNISASI DASAR DI PUSKESMAS JAYA BARU BANDA ACEH (Annisa Soraya Putri, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU, STATUS GIZI, DAN STATUS IMUNISASI DASAR TERHADAP KESEHATAN BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUL KAMAL TAHUN 2013 (Elida Rosa Agustina , 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASIRNDASAR DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASARRNPADA BALITA DI WILAYAH KECAMATANRNDARUSSALAM ACEH BESARRNTAHUN 2014 (Anggun Fantaria, 2014)

ANALISIS KASUS CAMPAK PADA ANAK BERDASARKAN GAMBARAN KARAKTERISTIK USIA, JENIS KELAMIN DAN RIWAYAT IMUNISASI CAMPAK PENDERITA DI PUSKESMAS KUTARAJA KOTA BANDA ACEH (SEPTIAN YUDHISTIRA SIREGAR, 2021)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IBU TERHADAP PEMBERIAN IMUNISASI DASAR PADA ANAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RNJEULINGKE KOTA RNBANDA ACEH (Safarna Lavia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy