//

ANALISA PRODUKTIVITAS PELAKSANAAN PEKERJAAN PEMASANGAN PENUTUP ATAP SPANDEK (STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN GRIYA MATA IE, DESA LANG, KECAMATAN DARUL KAMAL, ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Adytiawarman - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sumber Daya Manusia adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam produktivitas sebuah pekerjaan. Besarnya produktivitas menunjukan seberapa besar penggunaan sumber daya yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Produktivitas dapat ditingkatkan dengan meningkatkan salah satu sumber daya utamanya yaitu pekerja dan material yang digunakan untuk suatu proyek konstruksi. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai produktivitas pada salah satu komponen pekerjaan pada proyek konstruksi. Objek pada penelitian ini adalah pekerjaan pemasangan penutup atap (spandek dan rabung) rumah kopel tipe 36 pada proyek Pembangunan Perumahan Griya Mata Ie. Jumlah tenaga kerja dalam penelitian ini terbagi atas 3 kelompok kerja, dengan masing-masing kelompok kerja mengamati 2 unit rumah kopel. Pengumpulan data menggunakan metode Analisa Empiris Lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan dua tahap yaitu pengumpulan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari pengamatan di lapangan, dalam bentuk pencatatan waktu penyelesaian setiap tahapan pekerjaan tiap-tiap kelompok kerja, data yang didapat berupa volume pekerjaan, identitas tenaga kerja dan waktu efektif. Data sekunder diperoleh dari kontraktor maupun lapangan yang berupa informasi gambar rencana, koefisien kebutuhan dan foto dokumentasi proyek. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata produktivitas ketiga kelompok kerja untuk pekerjaan pemasangan spandek yaitu sebesar 25,74 m2/jam atau 205,885 m2/hari. Untuk pekerjaan pemasangan rabung yaitu sebesar 17,22 m/jam atau 137,792 m/hari. Kata kunci: analisa empiris lapangan, penutup atap, perumahan, produktivitas, rabung, spandek

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PRODUKTIVITAS PEKERJAAAN PENUTUP ATAP PADA PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN DAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Muhammad Gazi Ansari, 2015)

MODEL TIME-COST TRADE-OFF PADA PEKERJAAN RANGKA ATAP DAN PENUTUP ATAP DI KABUPATEN PIDIE MODEL TIME-COST TRADE-OFF PADA PEKERJAAN RANGKA ATAP DAN PENUTUP ATAP DI KABUPATEN PIDIE MODEL TIME-COST TRADE-OFF PADA PEKERJAAN RANGKA ATAP DAN PENUTUP ATAP DI KABUPATEN PIDIE (Rita Zahara, 2018)

KONTROL SOSIAL DALAM PELAKSANAAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN KEPADA ANAK (SUATU PENELITIAN DI DESA LAMBATEE KECAMATAN DARUL KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR) (Nurul Afridayani, 2018)

KAJIAN PRODUKTIVITAS PEKERJAAAN RANGKA ATAP PADA PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN DAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Haidi Adlan, 2015)

PRODUKTIVITAS PEKERJAAN PLAT LANTAI BETON BERTULANG PADA PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN DAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rizdki Kamarullah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy