//

FAKTOR-FAKTOR PENENTU EVALUASI PENAWARAN OLEH KONSULTAN PENGAWAS DALAM PENGADAAN JASA KONSULTANSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Insan Kamil - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kegiatan pengawasan teknis merupakan bagian dari proses manajemen pengelolaan proyek yang memberikan kontribusi cukup besar dalam menentukan keberhasilan kegiatan pembangunan, khususnya pada tahap implementasi. Dengan adanya pengawasan yang baik diharapkan pelaksanaan kegiatan dapat berjalan lancar dan terkendali sehingga hasil pembangunan dapat optimal dan sesuai dengan spesifikasi yang disyaratkan. Untuk dapat terpilih menjadi penyedia jasa konsultansi melalui Proses pemilihan penyedia jasa (procurement) penawaran yang diajukan harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan panitia pemilihan. Evaluasi penawaran dilakukan dengan mempertimbangkan tiga aspek yaitu aspek administrasi, aspek teknis dan aspek harga. Pemeriksaan aspek administrasi pengadaan jasa konsultansi yang diajukan meliputi pemeriksaan terhadap kelengkapan surat dan dokumen, pemeriksaan aspek teknis yang ditinjau adalah pengalaman perusahaan, pendekatan dan metodologi, serta kualifikasi tenaga ahli. Sedangkan pemeriksaan aspek biaya meliputi kewajaran biaya pada rincian biaya langsung personil dan biaya Langsung non-personil. Permasalahannya ialah apakah faktor dominan penentu penawaran oleh konsultan pengawas dalam pengadaan jasa konsultansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan faktor dominan penentu penawaran konsultan pengawas. Menggunakan rumus statistika deskriptif yakni perhitungan nilai rata-rata (mean). Subjek untuk penelitian ini terdiri dari 30 orang direktur perusahaan penyedia jasa konsultan pengawas. Teknik pengambilan data dilakukan dengan data primer dan sekunder, pada penelitian ini data primer diambil dengan menyebarkan kuisioner kepada responden dengan pertanyaan-pertanyaan yang disusun berdasarkan peraturan dan standar dokumen pengadaan untuk pengadaan jasa konsultan setelah jawaban kuisioner diperoleh dilakukan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan data sekunder diambil dari situs resmi Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Hasil yang diperoleh yaitu faktor dominan penentu penawaran konsultan pengawas aspek teknis adalah faktor pengalaman perusahaan variabel memenuhi lama pengalaman seperti yang disyaratkan dalam KAK mendapat skor 97,33% dengan interpretasi skor sangat penting. Aspek biaya faktor biaya langsung personil variabel pengalaman kerja personil yang tersedia dengan skor 97,33% dengan interpretasi skor sangat penting. Kata kunci : konsultan pengawas, faktor penentu, penawaran

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR PENENTU EVALUASI PENAWARAN OLEH KONSULTAN PENGAWAS DALAM PENGADAAN JASA KONSULTANSI (Insan Kamil, 2016)

PERANCANGAN APLIKASI PROSES EVALUASI PADA SELEKSI UMUM JASA KONSULTANSI DENGAN METODE PRAKUALIFIKASI (Mohammed Alshafie, 2016)

IDENTIFIKASI FAKTOR - FAKTOR GUGURNYA PENAWARAN KONTRAKTOR DALAM PROSES LELANG DI KOTA BANDA ACEH (Twk Ghozi Febriyan, 2019)

KAJIAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KONSULTAN PERENCANA BANGUNAN GEDUNG (RIDHA MAFDHUL, 2014)

ANALISIS RISIKO PENAWARAN UNDERESTIMATE COST TERHADAP KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI PROVINSI ACEH (Hamdani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy