//

KEHIDUPAN SOSIAL PENAMBANG TRADISIONAL GALIAN C (STUDI PENELITIAN DI GAMPOENG PIYEUNG KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mutia Isnaini - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pertambangan Tradisional Galian C merupakan suatu pekerjaan yang membutuhkan tenaga manusia. Pertambangan ini menghasilkan bahan galian berupa pasir, tanah timbun, batu kerikil dan lain-lain. Pekerjaan pertambangan muncul karena adanya kebutuhan tuntutan hidup dan ketersediaan lahan kerja secara alami. Rendahnya pendidikan merupakan faktor utama penyebab penambang memilih pekerjaan sebagai penambang tradisional galian C. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kesejahteraan penembang tradisional galian C, dan juga untuk menganalisis bagaimana hubungan memiliki pekerjaan sebagai penambang tradisional galian C dapat mempengaruhi stratifikasi dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori Stratifikasi Max Weber, yang menjelaskan bahwa Stratifikasi sosial merupakan cara penggolongan sejumlah besar kelompok manusia kedalam kelas-kelas secara bertingkat. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jumlah informan sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi dan Wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Kehidupan sosial penambang tradisional belum dapat digolongkan dalam kategori sejahtera, penghasilan yang didapatkan dari bekerja sebagai penambang tradisional tidak memberikan jumlah yang pasti. Untuk mengupayakan kesejahteraan keluarga penambang tradisional memiliki pekerjaan sampingan yaitu bertani dan memelihara hewan ternak. Status pada penambang tradisional tidak memberikan pengaruh yang berarti dalam masyarakat, meskipun mereka berada pada tingkat rendah dalam stratifikasi masyarakat namun tidak mempengaruhi hubungan interaksi antara masyarakat dan penambang tradisional. KataKunci :PenambangTradisionalGalian C,KehidupanSosial

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG EKSISTENSI PENGEDAR NARKOTIKA DI GAMPONG MON ARA KECAMATAN MONTASIK (SUATU ANALISIS TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL) (Baharuddin , 2016)

POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK (STUDI PADA MASYARAKAT GAMPONG MATA IE, KECAMATAN MONTASIK, ACEH BESAR) (Muhammad Syukur, 2017)

ANALISIS PENDAPATAN USAHA PENGGILINGAN PADI KELILING DI KEMUKIMAN PIYEUNG KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Arfan Haris, 2014)

KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN ACER BESAR DALAM MENERTIBKAN TAMBANG GALIAN C (Misriyansyah, 2020)

KONFLIK SOSIAL PADA MASYARAKAT PENAMBANG EMAS ILEGAL DI MENGGAMAT (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN KLUET TENGAH, KABUPATEN. ACEH SELATAN) (Khusnul Haitami, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy