//

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PEMBOROSAN MATERIAL (MATERIAL WASTE) DALAM PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Hafidh Kamal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Material sebagai salah satu komponen dari biaya, turut memegang peranan penting dalam menunjang keberhasilan suatu proyek. Pengadaan material menyerap biaya yang cukup besar dari biaya total proyek. Oleh karena itu penggunaan material diusahakan seminimum mungkin agar tidak banyak menimbulkan sisa material yang akan terbuang. Untuk meminimalisir terjadinya pemborosan material (material waste) pada proyek, maka perlu mengetahui penyebab terjadinya material waste sehingga dapat dilakukan penanganan material. Dalam pelaksanaannya pelaku-pelaku konstruksi masih menganggap material waste merupakan hal yang wajar yang terjadi pada sebuah proyek, sehingga usaha-usaha untuk penanganan material waste sering terabaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis permasalahan material waste, indikator dominan penyebab material waste, faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya material waste, dan penanganan material waste dalam pelaksanaan proyek konstruksi gedung di Kota Banda Aceh. Penelitian ini ditujukan kepada pihak kontraktor bidang gedung, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 51 kontraktor. Berdasarkan hasil penelitian jenis material waste yang sangat sering ditimbulkan oleh kontraktor semasa pelaksanaan proyek konstruksi gedung di Kota Banda Aceh adalah jenis sampah yang berasal dari pembangunan (construction waste). Indikator dominan penyebab terjadinya material waste berdasarkan persepsi kontraktor adalah, sisa material karena proses pemakaian, kesalahan dalam dokumen kontrak, jumlah material tidak diketahui dengan pasti karena desain tidak lengkap, pembongkaran material untuk dimasukkan ke dalam gudang, dan kurang koordinasi dengan kontraktor dan kurang berpengetahuan tentang konstruksi. Faktor dominan yang dapat menyebabkan terjadinya material waste berdasarkan persepsi kontraktor yaitu faktor desain. Faktor-faktor penyebab material waste lainnya adalah faktor pengadaan material, faktor sisa (residual), faktor penanganan material, faktor lain-lain, dan faktor pelaksanaan. Penanganan material waste yang sangat sering dilakukan oleh kontraktor dengan cara mengurangi sisa material yang timbul (reduce). Kata Kunci : Pemborosan, material, proyek, gedung, Banda Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS WASTE MENGGUNAKAN METODE LEAN PROJECT MANAGEMENT PADA PROYEK PEMBANGUNAN FASILITAS KESEHATAN RSUD KABUPATEN PIDIE JAYA (SHERAGIZCA YOLANDA SITUMEANG, 2019)

ANALISIS PENYEBAB TIME DELAYS DAN COST OVERRUNS DALAM PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Siswanto, 2015)

ANALISIS FAKTOR - FAKTOR DOMINAN PEKERJAAN ULANG (REWORK) PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI BANDA ACEH (zulfikar, 2014)

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG (STUDI KASUS PADA DINAS CIPTA KARYA WILAYAH KERJA KOTA BANDA ACEH) (Ilham Fadhillah Srg, 2016)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR TERJADINYA PEKERJAAN ULANG (REWORK) PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KABUPATEN ACEH BESAR. (Khalid Alwazir, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy