FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG EKSISTENSI PENGEDAR NARKOTIKA DI GAMPONG MON ARA KECAMATAN MONTASIK (SUATU ANALISIS TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG EKSISTENSI PENGEDAR NARKOTIKA DI GAMPONG MON ARA KECAMATAN MONTASIK (SUATU ANALISIS TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL)


Pengarang

Baharuddin - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0910101010036

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Sosiologi (S1) / PDDIKTI : 69201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Penyalahgunaan dan peredaran narkotika setiap tahun terus cenderung mengalami peningkatan. Hal ini telah menjadi ancaman bahaya yang serius terhadap berbagai aspek kehidupan manusia, masyarakat dan bangsa. Meningkatnya kajahatan narkotika terlihat jelas dari data yang diperoleh oleh peneliti pada Rumah Tahanan Jantho Klas II B. Pada tahun 2013 ada 281 tahanan yang masuk 137 diantaranya adalah yang terlibat kasus narkotika. Masyarakat dan pemerintah mengalami hambatan dan kendala dalam pencegahan dan penanggulangan tindak pidana narkotika.Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dalam peredaran narkotika di Piyeung Mon Ara Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar, pengedar narkotika dapat menjaga eksistensi peredaran narkotika pada masyarakat Piyeung Mon Ara Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan, Observasi, Wawancara mendalam, dan telaah Sumber Pustaka Tertulis lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor pendukung peredaran narkotika di dalam masyarakat Piyeung Mon Ara Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar yaitu Pertama, faktor intern, (berasal dari dalam diri pengedar) berupa: kepribadian, faktor ekonomi, usia dan rasa ingin tahu, dorongan kenikmatan, dan memecahkan persoalan. Kedua, faktor ekstern (berasal dari luar diri, atau lingkungan) berupa: keharmonisan keluarga, pekerjaan, status sosial ekonomi, tekanan kelompok, dan efektivitas hukum masyarakat. Faktor yang mempengaruhi eksistensi peredaran narkotika di Piyeung Mon Ara Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar antara lain yaitu faktor ekonomi, hubungan kekerabatan, budaya, sejarah (history), dan pendidikan.

Kata Kunci : Pendukung Eksistensi, Pengedar Narkotika

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK