//

PENGARUH LAMA FERMENTASI TERHADAP PERUBAHAN KARAKTERISTIK BIOKIMIA DAN SENSORI ASAM DRIEN (DURIAN FERMENTASI ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Indah Suci Rahmadani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh lama fermentasi terhadap perubahan karakteristik biokimia dan sensori asam drien. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial dengan faktor tunggal yaitu lama fermentasi yang terdiri dari 4 taraf perlakuan yaitu A: 3 hari, B: 5 hari, C: 7 hari, dan D: 9 hari. Paramater yang diuji meliputi karakteristik biokimia (total bakteri asam laktat, total khamir, pH, kadar air, total asam laktat dan total padatan terlarut) dan karakteristik sensori (uji hedonik). Hasil penelitian menunjukkan Lama fermentasi memberi pengaruh sangat nyata terhadap total bakteri asam laktat (119×1010 CFU/g), total khamir (30×106 CFU/g), total asam laktat (0,38%), dan total padatan terlarut (4,30%Brix), dan memberi pengaruh nyata terhadap pH dan tidak memberi pengaruh nyata terhadap kadar air (5,01). Hasil uji hedonik menunjukkan bahwa panelis lebih menyukai warna, aroma, tekstur dan rasa asam drien segar yang difermentasi pada hari ke-7. Kata kunci: asam drien, durian fermentasi, kualitas asam drien

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) PADA FERMENTASI BUAH DURIAN (JRUEK DRIEN) (Cut Aja Laila, 2015)

ANALISIS SENSORI PLIEK U MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (SHAFIRA PRADYTA, 2021)

KARAKTERISTIK SIFAT FISIK DAN KIMIA PADA PLIEK U, MINYAK PLIEK U DAN MINYAK SIMPLAH BERDASARKAN VARIASI KETEBALAN TUMPUKAN DAN LAMA FERMENTASI (Ajeng Permata Sari, 2021)

PENGARUH PENAMBAHAN GARAM DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KARAKTERISTIK KIMIA, MIKROBIOLOGIS, DAN SENSORI PACIK KULE (IKAN OLAHAN KHAS ACEH TENGGARA) (Nurhayati, 2019)

INTRODUKSI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL), BAKTERI ASAM ASETAT (BAA) DAN CAMPURAN BAL-BAA SEBAGAI STARTER KERING FERMENTASI UNTUK MEMPERBAIKI MUTU BIJI KAKAO ACEH (Ria Safitri, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy