PENGARUH LAMA FERMENTASI TERHADAP PERUBAHAN KARAKTERISTIK BIOKIMIA DAN SENSORI ASAM DRIEN (DURIAN FERMENTASI ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH LAMA FERMENTASI TERHADAP PERUBAHAN KARAKTERISTIK BIOKIMIA DAN SENSORI ASAM DRIEN (DURIAN FERMENTASI ACEH)


Pengarang

Indah Suci Rahmadani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1205105010011

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Teknologi Hasil Pertanian (S1) / PDDIKTI : 41231

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh lama fermentasi terhadap perubahan karakteristik biokimia dan sensori asam drien. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial dengan faktor tunggal yaitu lama fermentasi yang terdiri dari 4 taraf perlakuan yaitu A: 3 hari, B: 5 hari, C: 7 hari, dan D: 9 hari. Paramater yang diuji meliputi karakteristik biokimia (total bakteri asam laktat, total khamir, pH, kadar air, total asam laktat dan total padatan terlarut) dan karakteristik sensori (uji hedonik). Hasil penelitian menunjukkan Lama fermentasi memberi pengaruh sangat nyata terhadap total bakteri asam laktat (119×1010 CFU/g), total khamir (30×106 CFU/g), total asam laktat (0,38%), dan total padatan terlarut (4,30%Brix), dan memberi pengaruh nyata terhadap pH dan tidak memberi pengaruh nyata terhadap kadar air (5,01). Hasil uji hedonik menunjukkan bahwa panelis lebih menyukai warna, aroma, tekstur dan rasa asam drien segar yang difermentasi pada hari ke-7.
Kata kunci: asam drien, durian fermentasi, kualitas asam drien

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK