//

ANALISIS PRODUKHTIVITAS PEKERJAAN PASANGAN DINDING BATA MERAH PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Anshar Maulizar CA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Dalam dunia jasa konstruksi, produktivitas pekerjaan adalah salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah proyek pembangunan. Produktivitas merupakan rasio atau perbandingan antara hasil produksi dengan total sumber daya yang digunakan. Pekerjaan pasangan dinding bata merah merupakan salah satu pekerjaan yang dilakukan pada pembangunan gedung. Dibutuhkan data produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan pasangan dinding bata merah agar pihak kontraktor bisa memprediksi waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan pekerjaan. Pokok permasalahan dalam penulisan ini adalah berapa nilai produktivitas tenaga kerja dan berapa nilai koefisien (requirement) tenaga kerja pada pekerjaan dinding bata merah dibandingkan dengan AHSP 2013. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai produktivitas tenaga kerja di lapangan pada pekerjaan pasangan dinding dengan menggunakan bata merah pada Pembangunan Gedung Pendidikan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada produktivitas pekerjaan pasangan dinding bata merah pada lantai 1 dengan luas pekerjaan 170,2 m2. Penelitian dilakukan pada Proyek Pembangunan Gedung Pendidikan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala selama 9 hari. Pengamatan dimulai dari pukul 08.00-17.00 WIB. Hasil analisa menunjukkan bahwa nilai produktivitas tenaga kerja untuk pekerjaan pasangan dinding bata merah diperoleh yaitu, tukang 1,81 m2/jam, pekerja 1,21 m2/jam, dengan jumlah pekerja 2 orang, tukang 2 orang. Nilai dan beberapa informasi terkait tentang produktivitas dapat digunakan untuk menghitung koefisien requirement tenaga kerja pada pekerjaan pasangan dinding bata merah. Setelah dilakukan analisis, nilai requirement tenaga kerja yang diperoleh dari hasil pengamatan di lapangan lebih kecil dibandingkan dengan nilai requirement yang tertera didalam SNI.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFISIENSI BIAYA PEKERJAAN DINDING MENGGUNAKAN METODE REKAYASA NILAI PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUANG BELAJAR STIKES MEDIKA NURUL ISLAM SIGLI (Haris, 2016)

ANALISA ALTERNATIF MATERIAL DINDING TAHAN GEMPA PADA RUMAH TIPE 45 MENGGUNAKAN METODE REKAYASA NILAI (Kemal Achyar, 2017)

ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN, PEMBANGUNAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA ( TAHAP II) (Odie Rahmathul Ikhsan, 2015)

ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN, PEMBANGUNAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (TAHAP II) (Zerry Farianda. Z, 2015)

ALTERNATIF PERKUATAN DINDING UNTUK MENCEGAH KEHANCURAN BRITTLE (Mahlil, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy