//

KAJIAN PEMANFAATAN KEMASAN ATMOSFER TERMODIFIKASI PADA PENYIMPANAN BUAH MANGGA CENGKEH (MANGIFERA INDICA. L)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muammar Aris Munandar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Mangga cengkeh tergolong buah klimakterik yang masih melakukan respirasi pasca pemanenan sehingga mudah rusak selama penyimpanan. Salah satu upaya untuk memperpanjang daya simpan mangga cengkeh yaitu dengan menggunakan kemasan aktif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Faktorial Acak Lengkap (RFAL) yang terdiri dari 3 faktor, yaitu Jenis Plastik (P), Jenis Absorber (A), dan Konsentrasi Absorber (K). Faktor Jenis Plastik terdiri dari 2 taraf, yaitu Polietilen (P1) dan Polipropilen (P2). Faktor Jenis Absorber terdiri dari 7 taraf, yaitu Fe (A1), Na2CO3 (A2), KMnO4 (A3), Fe+ Na2CO3 (A4), Fe + KMnO4 (A5), Na2CO3 + KMnO4 (A6), Fe + Na2CO3+ KMnO4 (A7). Faktor Konsentrasi absorber terdiri dari 2 taraf yaitu 0,5 g/kg (K1) dan 1 g/kg (K2). Ulangan dilakukan sebanyak 2 kali sehingga diperoleh 56 satuan percobaan. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini meliputi uji organoleptik, penentuan indeks tekstur, penentuan indeks warna, dan penentuan indek busuk Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor interaksi jenis plastik dengan konsentrasi absorber berpengaruh dan interaksi jenis plastik dengan jenis absorber berpengaruh sangat nyata terhadap laju perubahan kualitas indeks tekstur mangga cengkeh. Faktor jenis plastik berpengaruh sangat nyata terhadap laju perubahan kualitas indeks warna dan indeks busuk mangga cengkeh, dengan hasil terbaik yaitu jenis plastik polietilen. Faktor interaksi jenis plastik dengan konsentrasi absorber berpengaruh sangat nyata terhadap daya simpan 50% indeks tekstur mangga cengkeh. Faktor interaksi jenis plastik dengan jenis absorber berpengaruh sangat nyata terhadap daya simpan 50% indeks warna mangga cengkeh. Faktor jenis plastik berpengaruh nyata terhadap daya simpan 50% indeks busuk mangga cengkeh, dengan hasil terbaik yaitu jenis plastik polietilen. Faktor interaksi jenis plastik dengan jenis absorber dan konsentrasinya berpengaruh sangat nyata terhadap daya simpan mangga cengkeh ditinjau dari semua parameter (tekstur, warna, dan busuk). Hasil terbaik untuk daya simpan mangga cengkeh ditinjau dari semua parameter (tekstur, warna, dan busuk) yaitu jenis plastik polietilen dengan jenis absorber KMnO4 + Na2CO3 dan konsentrasi absorber 0,5 g/kg karena dapat memperpanjang masa simpan mangga sampai 14 hari. Kata kunci : Mangga cengkeh, absorber, polietilen, polipropilen, daya simpan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PEMANFAATAN KEMASAN ATMOSFER TERMODIFIKASI PADA PENYIMPANAN BUAH MANGGA CENGKEH (MANGIFERA INDICA. L) (Muammar Aris Munandar, 2016)

INVENTARISASI JENIS HAMA LALAT BUAH (TEPHRITIDAE) YANG MENYERANG BERBAGAI VARIETAS BUAH MANGGA DI PASAR KOTA BANDA ACEH (Ilhamdani Rahman, 2018)

PENGARUH PENGEMASAN MODIFIKASI ATMOSFIR TERHADAP MASA SIMPAN MANGGA (MANGIFERA INDICA L.) VARIETAS HARUM MANIS (Amwal Muhnisa, 2016)

TINGKAT KEASAMAN DAN KADAR ASAM LAKTAT SUSU ACIDOPHILUS YANG DITAMBAHKAN MANGGA CENGKEH DENGAN PERSENTASE YANG BERBEDA (Rita wiliza, 2014)

JENIS LALAT BUAH (DIPTERA:TEPHRITIDAE) RNDAN PREFERENSINYA TERHADAPRNTANAMAN BUAH PEKARANGANRNDI KOTA BANDA ACEH (Ayu Wandira, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy