//

ANALISIS PENGUASAAN FAKTOR PRODUKSI OLEH PENDUDUK MISKIN DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zusdiarahmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Analisis Penguasaan Faktor Produksi oleh Penduduk Miskin di Kota Banda Aceh Nama : Zusdiarahmi NIM : 1101101010051 Fakultas/Jurusan : Ekonomi/ Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Diana Sapha A H, S.E., M.Si Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis penguasaan faktor produksi yang meliputi pendidikan, kepemilikan aset, modal dan teknologi bagi penduduk miskin di Kota Banda Aceh. Ruang lingkup penelitian yaitu penduduk miskin yang tergolong miskin baik yang bekerja maupun tidak bekerja. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 100 orang responden yang mewakili populasi Kota Banda Aceh. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Gambaran hasil yang didapat dari penguasaan faktor produksi oleh penduduk miskin Kota Banda Aceh sejauh ini adalah penduduk miskin memiliki pendidikan terakhir SMA/Sederajat yang artinya bahwa tingkat pendidikan responden relatif lebih baik karena telah memenuhi standar wajib belajar. Pada status kepemilikan aset seperti rumah dan lahan, penduduk miskin memiliki rumah dari warisan dengan berlantaikan semen, oleh karena itu mereka tidak perlu membayar biaya sewa rumah. Sedangkan lahan yang dimiliki masih sedikit berkisar 100 m2 hingga 200 m2. Dari 100 responden yang diwawancarai diperoleh informasi berdasarkan crosstab antara variabel pekerjaan dengan pendapatan, biaya listrik dan kepemilikan alat elektronik dapat disimpulkan bahwa pedangang dan buruh memperoleh pendapatan yang tinggi sehingga biaya listrik yang dibayar juga tinggi dikarenakan kepemilikan alat elektronik yang lebih banyak. Dalam hal ini penguasan faktor produksi bagi pedagang dan buruh lebih baik sehingga dalam jangka waktu tertentu mereka dapat keluar dari kemiskinan. Pada modal yang berupa uang, penduduk miskin belum memiliki tabungan atau investasi sehingga tidak mempunyai modal untuk membuka usaha dan modal yang diberikan pemerintah masih belum tersalurkan dengan baik kepada penduduk miskin. Penguasaan faktor produksi penduduk miskin pada teknologi masih sangat kurang, meskipun mereka memiliki beberapa alat elektronik maupun komunikasi namun masih banyak yang belum bisa menggunakan alat-alat tersebut dengan efektif dan efisien. Kata kunci : Penduduk Miskin, Pendidikan, Kepemilikan Aset, Modal, Teknologi, Analisis Deskriptif Kualitatif

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIFITAS ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH (ZIS) PRODUKTIF DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN DI KOTA BANDA ACEH (ARWADY, 2021)

“PROFIL KELUARGA MISKIN PERKOTAAN” (ANALISIS TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL, EKONOMI, DAN PENDIDIKAN KELUARGA MISKIN DI BANDA ACEH) (Desti Rantika, 2016)

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMISKINAN DI PROVINSI ACEH (Indri Maulidna Muzakir, 2016)

DETERMINAN KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI DAN DEMOGRAFI PADA KEMISKINAN DI PROVINSI ACEH (Heri Wintara, 2021)

ANALISIS SPASIAL TEMPORAL POLA PERSEBARAN KEMISKINAN DI KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE INDEKS MORAN (KAYLA HAMADA ABDUL, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy