//

POTENSI DAUN KATUK DAN LAMTORO SEBAGAI NUTRISI CENDAWAN TRICHODERMA SP. PADA PELET MEDIA TUMBUH DALAM MENEKAN PERTUMBUHAN PATOGEN TULAR TANAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zikriah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Salah satu pengendalian penyakit tanaman adalah pengendalian secara biologi dengan memanfaatkan agens hayati. Cendawan Trichoderma spp. telah banyak dikembangkan sebagai agens hayati untuk mengendalikan berbagai penyakit pada berbagai komoditas tanaman. Aplikasi Trichoderma spp. dalam bentuk substrat kurang praktis karena membutuhkan wadah yang cukup banyak, tenaga kerja banyak, dan sering mengalami kendala untuk dibawa dan diaplikasikan di lapang. Oleh karena itu, perlu dicari formulasi Trichoderma spp. yang lebih praktis, efektif, dan efisien. Salah satu cara yang dapat dikembangkan adalah penggunaan substrat tumbuh Trichoderma spp. dalam bentuk formulasi pelet. Bahan dasar pembuatan formulasi pelet Trichoderma spp. adalah bahanbahan yang menjadi sumber karbohidrat dan protein yang diperlukan oleh Trichoderma spp. atau cendawan pada umumnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui potensi daun lamtoro dan daun katuk sebagai sumber nutrisi pada pelet media tumbuh Trichoderma sp. serta untuk mengetahui potensi pelet berbahan aktif Trichoderma sp. untuk mengendalikan cendawan Sclerotium sp. dan Rhizoctonia sp. Pada pengujian In vitro menggunakan 4 perlakuan formulasi pelet Trichoderma harzianum yaitu DDL, DDK, DAT dan DDS. Uji In vitro pada pengujian pertumbuhan T. harzianum dari formulasi pelet DDK dan DDL tumbuh dengan baik dan ekstensif. Cendawan T. harzianum dalam formulasi pelet DDK menunjukkan daya hambat paling tinggi terhadap pertumbuhan koloni cendawan patogen Sclerotium sp. dan Rhizoctonia sp. dengan daya hambat 75,0% dan 68,9% pada media tumbuh PDA dibandingkan dengan formulasi DDL, DAT dan DDS. Kata Kunci: Pelet, T. harzianum, dan Uji In vitro

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI BEBERAPA BENTUK FORMULASI TRICHODERMA SPP DALAM MENGENDALIKAN PENYAKIT LAYU FUSARIUM PADA TANAMAN TOMAT (Muhammad Fazil, 2018)

EFIKASI DOSIS PELET TRICHODERMA HARZIANUM DALAM MENEKAN SERANGAN PENYAKIT BUDOK (SYNCHYTRIUM POGOSTEMONIS) PADA TANAMAN NILAM (POGOSTEMON CABLIN BENTH.) (Tiara Kusuma Pertiwi, 2017)

EKSPLORASI CENDAWAN TRICHODERMA ASAL PERAKARAN TANAMAN KOPI DARI BERBAGAI KETINGGIAN YANG BERPOTENSI SEBAGAI AGEN PENGENDALI HAYATI JAMUR AKAR KOPI (Irwansyah Putra, 2016)

KOMBINASI BEBERAPA DOSIS DAN SPESIES TRICHODERMA FORMULASI PELET DALAM MENEKAN PERKEMBANGAN JAMUR FUSARIUM OXYSPORUM F.SP CAPSICI DI PEMBIBITAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L. ) (Frara Efeseli Fakhdian, 2018)

APLIKASI SUSPENSI PELET TRICHODERMA HARZIANUM SEBAGAI AGEN PENGENDALIAN HAYATI (APH) PENYAKIT HAWAR DAUN (PHYTOPHTHORA PALMIVORA) PADA BIBIT KAKAO. (Yulfa Sari Tarigan, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy