//

KOMPOSISI SPESIES DAN STATUS KONSERVASI IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI TEMPAT PENDARATAN IKAN GAMPONG BLANG GLUMPANG KECAMATAN IDI RAYEUK KABUPATEN ACEH TIMUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wardaniana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : komposisi spesies, status konservasi, ikan hasil tangkapan Penelitian yang berjudul “Komposisi SpesiesIkan Hasil Tangkapan Nelayan dan Status Konservasi di Tempat Pendaratan Ikan Gampong Blang Glumpang Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur” telah dilaksanakan dari bulan Mei – Juni 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi spesies dan status konservasi ikan hasil tangkapan nelayan di Tempat Pendaratan Ikan Gampong Blang Glumpang Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Objek dalam penelitian ini adalah semua jenis ikan hasil tangkapan nelayan yang terdapat di Tempat Pendaratan Ikan Gampong Blang Glumpang Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Penentuan objek diambil dengan menggunakan teknik total sampling di seluruh objek dijadikan sebagai data. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian survey. Datauntuk komposisi spesies dianalisis dengan menggunakan rumus komposisi spesies dan untuk status konservasi dianalisis berdasarkan kategori dari IUCN (International Union f or the Conservation of Nature). Hasil penelitian yang diperoleh komposisi spesies berkisar antara 0,3% - 38,4%, dengan status konservasi dikategorikan dalam kategori NT (Near Threatened)/hampir punah dan NE(Not Evalua ted)/belum di evaluasi. Kesimpulan yang diperoleh adalah, komposisi spesies ikan paling banyak adalah spesies Katsuwonus pelamis (Ikan Tongkol) dan paling sedikit adalah Ikan Bulan., Status konservasi ikan yang dikategorikan NT (Near Threatened)/hampir punah adalah ikan Hiu, Pari Kuning, Lele Laut dan Kakap Merah sedangkan ikan yangdi kategorikan NE (Not Evaluated)/belum di evaluasi untuk kategori kepunahan adalah ikan Salam, Tongkol Sisek, Cakalang, Tenggiri Papan, ikan Sebelah, Mujair, Kerapu Macan dan ikan Bulan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STATUS KONSERVASI, PERILAKU MENGKONSUMSI DANSTATUS KONSERVASI, PERILAKU MENGKONSUMSI DAN PENGETAHUAN NELAYAN TERHADAP PENANGKAPAN IKAN HIU DI WILAYAH PESISIR PROVINSI ACEH PENGETAHUAN NELAYAN TERHADAP PENANGKAPAN IKAN HIU DI WILAYAH PESISIR PROVINSI ACEH (HAZIA AWANIS, 2019)

PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI INDRA PURWA TERHADAP HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Nurismi, 2014)

STATUS KONSERVASI JENIS IKAN HIU YANG DIPERJUALBELIKAN DI TPI LAMPULO DAN PASAR PEUNAYONG KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (HAZIA AWANIS, 2015)

IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DENGAN MENGGUNAKAN JERMAL DI TEMPAT PENDARATAN IKAN PANTERAJA KABUPATEN PIDIE JAYA (ASMAUL HUSNA, 2015)

IDENTIFIKASI JENIS IKAN KUWE FAMILI CARANGIDAE HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI TIGA TEMPAT PENDARATAN IKAN ACEH (Putri Nabila Ulfah, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy