//

KESEDIAAN MASYARAKAT MEMAKAI TAS BELANJA SEBAGAI PENGGANTI KANTONG PLASTIK STUDI KASUS: KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Windi Frasika Mauliza - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Kesediaan Masyarakat Memakai Tas Belanja Sebagai Pengganti Kantong Plastik (Studi Kasus: Kota Banda Aceh). Nama : Windi Frasika Mauliza NIM : 1101101010091 Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan Pembimbing : Dr. Muhammad Nasir, SE, M.Si, MA Konsentrasi : Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Pembangunan yang pesat dan pertumbuhan penduduk yang semakin banyak dengan berbagai aktivitas yang dilakukan, dapat menimbulkan masalah yang membutuhkan pengelolaan terhadap pembangunan kota yang baik. Salah satu masalah tersebut adalah meningkatnya jumlah sampah yang dihasilkan oleh suatu kota. Salah satu masalah besar dan terus dihadapi hampir seluruh negara di dunia yaitu sampah berjenis kantong plastik. Hampir semua kemasan makanan dan pembungkus barang menggunakan kantong plastik. Sebagian besar kantong plastik ini akan dibuang menjadi sampah setelah pemakaian. Salah satu faktor yang menjadi masalah di Indonesia adalah faktor pembuangan sampah yang masih sembarangan dan sulit dikelola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kesediaan masyarakat yang bersedia memakai tas belanja di Kota Banda Aceh. menggunakan metode deskriptif dimana penelitian dilakukan menggunakan kuisioner dengan metode wawancara. Sampel ditentukan secara Purposive Sampling adalah masyarakat yang berdomisili di kota Banda Aceh yang mememiliki tingkat pendidikan minimal SMP/sederajat hingga S3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika kantong plastik diberikan harga sebesar Rp.1000 perkantong plastik, maka sebanyak 83 persen masyarakat kota banda aceh akan beralih menggunakan tas belanja. Dan seluruh masyarakat kota Banda Aceh akan beralih menggunakan tas belanja jika pada harga Rp.5000. dan faktor-faktor seperti pendidikan, pendapatan, dan lingkungan sangat berpengruh terhadap penggunaan tas belanja sebagai pengganti kantong plastik pada Masyarakat Kota Banda Aceh. Kata Kunci: Kesediaan masyarakat menggunkan tas belanja sebagai kantong plastik, pendidikan, pendapatan dan lingkungan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN HUMAS PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH DALAM MENYEBARLUASKAN INFORMASI MENGENAI PENGURANGAN PEMAKAIAN KANTONG PLASTIK (Redha Satria, 2018)

KARAKTERISTIK MARSHALL BETON ASPAL AC-BC MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT DAN ASPAL PEN 60/70 DENGAN TAMBAHAN ADITIF KANTONG PLASTIK BEKAS KARAKTERISTIK MARSHALL BETON ASPAL AC-BC MENGGUNAKAN MATERIAL BASALT DAN ASPAL PEN 60/70 DENGAN TAMBAHAN ADITIF KANTONG PLASTIK BEKAS (eldya maivita, 2013)

PERANAN KEBIASAAN BERBELANJA YANG MEMEDIASI PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS ROKOK MARLBORO DI BANDA ACEH) (NAILIL MUNA, 2019)

IDENTIFIKASI SAMPAH ANORGANIK DI KAWASAN KRUENG ACEH (SYARIFAH PUTRI NURAINI, 2019)

PENGEMBANGAN KANTONG AIR MINUM BERBASIS MEMBRAN FORWARD OSMOSIS BERBAHAN DASAR KHITOSAN UNTUK PENYEDIAAN AIR MINUM DALAM KEADAAN DARURAT (Ulfa Riana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy