//

ANALISIS MUTU FISIK DAN CITARASA BEBERAPA VARIETAS KOPI ARABIKA GAYO AKIBAT PENUNDAAN PROSES PULPING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Intan Purnama Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Selama abad terakhir ini pemanasan global yang terjadi berdampak terhadap peningkatan suhu. Dengan meningkatnya suhu, masa panen kopi menjadi lebih singkat. Singkatnya masa panen kopi memiliki masalah dikalangan petani karena kapasitas pemanenan yang meningkat dalam kurun waktu panen yang semakin pendek. Untuk mencapai pemanenan yang tepat waktu, petani biasanya cenderung lebih memilih menunda proses pulping karena kapasitas tenaga kerja yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari berapa lama waktu penundaan proses pulping yang masih bisa ditoleransi sehingga tidak terlalu berdampak pada mutu fisik dan citarasa yang dihasilkan dari beberapa varietas kopi. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial yang terdiri atas 2 faktor. Faktor pertama adalah varietas kopi yang digunakan (V) yaitu V1 = Tim-tim, V2 = Bourbon dan V3 = Ateng Super. Faktor kedua adalah lama penundaan proses pulping yang dilakukan (P) yaitu P0 = 0 hari, P1 = 1 hari, P2 = 2 hari, P3 = 3 hari, P4 = 4 hari dan P5 = 5 hari. Setiap perlakuan diulang sebanyak dua kali sehingga terdapat 36 satuan percobaan. Analisis yang dilakukan meliputi: persentase buah mengapung, suhu buah selama penundaan proses pulping, densitas kamba, kadar air, biji busuk, biji hitam dan biji berwarna coklat. Serta pengujian pH seduhan kopi. Kata kunci : Kopi Arabika Gayo, mutu fisik,citarasa,penundaan proses pulping.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN KANDUNGAN TOTAL KAFEIN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA L) GAYO PADA BEBERAPA WAKTU TUNDA PULPING (Maulidiya Izzati, 2016)

ANALISIS KANDUNGAN FENOL DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN KOPI BIJI TANPA SANGRAI DENGAN PERLAKUAN LAMA TUNDA PULPING PADA BEBERAPA VARIETAS KOPI ARABIKA GAYO (Shiti Dhella Errianda, 2017)

PENERAPAN METODE ADAPTIVE NEURO FUZZY INFERENCE SYSTEM (ANFIS) DALAM PREDIKSI VARIETAS DAN PENERIMAAN KONSUMEN TERHADAP KOPI ARABIKA GAYO BERDASARKAN UJI SENSORI (Eka Misliani, 2020)

PENGARUH KETINGGIAN TEMPAT TUMBUH DAN VARIETAS TERHADAP MUTU FISIK, FISIKO-KIMIA, DAN CITA RASA KOPI ARABIKA GAYO (Nur Al Qadry, 2017)

PENGARUH VARIETAS DAN KETINGGIAN TEMPAT TUMBUH TERHADAP MUTU WINE COFFEE (MUHAMMAD YUDI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy