//

SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN POLIURETAN BERBASIS MINYAK BIJI ALPUKAT (AVOCADO SEED OIL) DAN HEKSAMETILEN-1,6-DIISOSIANAT (HMDI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitriani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Membran poliuretan (PU) dapat disintesis dengan mereaksikan asam lemak dari minyak biji alpukat (Avocado seed oil) dengan heksametilen-1,6-diisosianat (HMDI). Tujuan utama penelitian ini adalah pembuatan membran poliuretan (PU) dari minyak biji alpukat untuk menurunkan kadar merkuri dalam air sumur yang terpapar merkuri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi perbandingan optimum HMDI dan minyak biji alpukat adalah 1,8:5 (b/v). nilai fluks yang dihasilkan pada kondisi optimum ini adalah sebesar 88 L/m2.jam.bar dengan koefisien rejeksi sebesar 98,87%. Hasil karakterisasi membran poliuretan menggunakan Fourier Transform Infrared (FTIR) menunjukkan adanya serapan N-H uretan pada bilangan gelombang 3314,996 cm-1, data FTIR juga tidak ditemukan adanya serapan gugus -NCO pada bilangan gelombang 2270 cm-1. Tidak adanya serapan gugus -NCO membuktikan sintesis membran telah berlangsung sempurna. Uji mekanik dan Differential Thermal Analysis (DTA) menunjukkan bahwa membran yang dihasilkan memiliki karakteristik keras dan kaku. Hasil analisis Scanning Electron Microscope- Energy dispersive X-ray (SEM-EDX) menunjukkan bahwa permukaan membran tidak homogen dan membran mampu menyaring logam-logam berat yang terdapat di dalam air sumur, salah satunya adalah logam merkuri (Hg).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN POLIURETAN BERBASIS MINYAK BIJI KARET (RUBBER SEED OIL) DAN HEKSAMETILEN-1,6-DIISOSIANAT (Salfauqi Nurman, 2016)

PEMBUATAN MEMBRAN POLIURETAN DARI MINYAK JARAK (JATROPHA OIL) DAN HEKSA METILEN DIISOSIANAT DENGAN VARIASI SUHU POLIMERISASI (Rahmi, 2014)

KAREKTERISASI MINYAK BIJI KARET TERHIDRASI (Nurianna Ainun, 2016)

PEMBUATAN ELEKTRODA SELEKTIF ION CR3+ BERBASIS MEMBRAN POLIURETAN BERBAHAN AKTIF 1,10-FENANTROLIN (Ulul Albab, 2021)

SINTESIS BUSA POLIURETAN TERMODIFIKASI KITOSAN UNTUK ADSORPSI LOGAM MERKURI (MUHAMMAD IQHRAMMULLAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy