//

PARTISIPASI ANGGOTA KEPADA KOPERASI DAN KONTRIBUSI KOPERASI KEPADA ANGGOTA (SUATU STUDI PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM PERINTIS DI KUTA BLANG, KECAMATAN SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Juan Irfiza - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Indonesia sebagai negara berkembang telah menggerakkan koperasi sejak lama sebagai salah satu badan usaha sekaligus gerakan ekonomi rakyat. Di provinsi Aceh sendiri, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, menyatakan bahwa jumlah koperasi yang ada di Aceh saat ini mencapai sekitar 5.533 unit koperasi. Koperasi hadir di dalam gampong-gampong dan tidak terkecuali di gampong Kuta Blang, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan. Kehadiran koperasi di gampong tersebut diprakarsai oleh kaum muda di gampong. Kehadiran koperasi Simpan Pinjam Perintis ini sebenarnya diterima dengan baik oleh masyarakat di sana, namun terjadi satu kendala ketika koperasi ini telah berjalan. Kendalanya anggota masih kurang memiliki kesadaran dalam mengembalikan modal yang telah dipinjam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana partisipasi anggota terhadap koperasi serta kemudian bagaimana kontribusi koperasi kepada anggota. Penelitian ini menggunakan teori partisipasi yang sebagaimana dikemukakan oleh Hetifah Sj. Soemarto, bahwa partisipasi masyarakat adalah proses ketika warga sebagai individu maupun kelompok sosial dan organisasi, mengambil peran serta ikut mempengaruhi proses perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan kebijakan-kebijakan yang langsung mempengaruhi kehidupan mereka. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskirptif kualitatif dan menggunakan beberapa cara dalam pengumpulan data yakni observasi, wawancara langsung dan mendalam. Secara gambaran umum hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran koperasi Simpan Pinjam Perintis disambut baik oleh para anggotanya. Namun masih terdapat minimnya partisipasi anggota, dalam hal ini kesadaran dan tanggung jawab mengembalikan modal ataupun uang simpanan wajib secara tepat waktu. Sementara itu pihak koperasi selain berkontribusi memberikan pinjaman modal kepada anggota, koperasi Simpan Pinjam Perintis ini juga membuka ruang diskusi terhadap anggota yang mengalami kendala dalam usahanya, serta koperasi juga memiliki program membantu memasarkan hasil karya para anggota yang bernilai jual. Kata kunci : Koperasi, Partisipasi, Kontribusi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBEDAAN MODAL KERJA, AKTIVITAS DAN RENTABILITAS EKONOMI ANTARA KOPERASI SIMPAN PINJAM SYARIAH DAN KOPERASI SIMPAN PINJAM KONVENSIONAL DI BANDA ACEH (melvi devanti alfian, 2013)

PERANAN KOPERASI RNDALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT GAMPONG(STUDI KASUS PADA BEBERAPA KOPERASI YANG ADA DI KECAMATAN SAWANG) (Khairil Ismuhadi, 2014)

WANPRESTASI DALAM PEMBERIAN PINJAMAN KEPADA BUKAN ANGGOTA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM JAYA PERKASA CABANG BLANGKEJEREN (TUTI HARTATI PW, 2018)

TINJAUAN ATAS PELAKSANAAN PERJANJIAN PINJAM MEMINJAM TANPA AGUNAN TAMBAHAN (SUATU PENELITIAN DI KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA KOPKAGA) (NOVIE INDRIANI DARNIUS, 2017)

MAKNA KOPERSI BAGI ANGGOTA (SUATU PENELITIAN PADA KOPERASI AN-NISA MANDIRI) (nurhayati, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy