//

KAJIAN PENYIMPANAN BUAH MANGGA GOLEK (MANGIFERA INDICA L.) DALAM KEMASAN ATMOSFER TERMODIFIKASI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khalid Azmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Mangga merupakan buah yang tergolong dalam buah klimakterik. Mutu dari produk hortikulktura mudah mengalami kerusakan baik kerusakan fisik, kimia, mekanis dan biologis. Mutu dan daya simpan produk-produk hortikultura dapat dipertahankan salah satunya melalui pengemasan modifikasi atmosfir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kemasan, jenis absorber dan konsentrasi absorber yang tepat dalam pengemasan agar dapat memperpanjang daya simpan dan mempertahankan mutu buah mangga golek. Penelitian ini dilakukan menggunakan rancangan acak lengkap dengan 3 faktor. Faktor yang pertama adalah jenis kemasan (J) yang terdiri dari 2 taraf yaitu J1 = Polietilen, J2 = Polipropilen. Faktor kedua adalah absorber (A) dengan 7 taraf yaitu A1= Fe, A2= Na2CO3, A3= KMnO4, A4=Fe+ Na2CO3, A5= Fe+KMnO4, A6= Na2CO3+KMnO4 dan A7= Fe+ Na2CO3+KMnO4. Faktor ketiga adalah konsentrasi absorber (K) dengan 2 taraf K1=0,5 g/kg buah dan K2= 1 g/kg buah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mangga dengan perlakuan penyimpanan dalam kemasan atmosfer termodifikasi lebih baik menghambat laju perubahan busuk, warna dan tekstur dibandingkan kontrol (tanpa pengemasan). Daya simpan menunjukkan bahwa hanya tekstur yang dipengaruhi secara signifikan oleh Jenis Kemasan (J), Jenis Absorber (A), dan interaksi Jenis Kemasan dengan Absorber (JxA). Sedangkan busuk dan warna tidak berpengaruh secara signifikan. Perlakuan terbaik didapatkan pada penambahan absorber Fe+Na2Co3+KMnO4 dengan konsentrasi 0,5 g/kg mangga yang mampu mempertahankan tekstur mangga selama 14 hari penyimpanan dengan nilai indeks tekstur 2,55 poin/hari, indeks busuk 2,94 poin/hari, dan indeks warna 0,67 poin/hari. Kata kunci: Mangga golek, kemasan modifikasi atmosfer, penyimpanan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PEMASARAN BUAH MANGGA (MANGIFERA INDICA L.) DI KABUPATEN ACEH BESAR (ILHAM RAMADHAN, 2020)

INVENTARISASI JENIS HAMA LALAT BUAH (TEPHRITIDAE) YANG MENYERANG BERBAGAI VARIETAS BUAH MANGGA DI PASAR KOTA BANDA ACEH (Ilhamdani Rahman, 2018)

PENGARUH PENGEMASAN MODIFIKASI ATMOSFIR TERHADAP MASA SIMPAN MANGGA (MANGIFERA INDICA L.) VARIETAS HARUM MANIS (Amwal Muhnisa, 2016)

JENIS LALAT BUAH (DIPTERA:TEPHRITIDAE) RNDAN PREFERENSINYA TERHADAPRNTANAMAN BUAH PEKARANGANRNDI KOTA BANDA ACEH (Ayu Wandira, 2014)

PENYEBARAN BERBAGAI SPESIES LALAT BUAH (DIPTERA: TEPHITRIDAE) YANG MENYERANG TANAMAN MANGGA (MANGIFERA SP) DI KOTA BANDA ACEH (RANANDA ARASTI MEUNA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy