//

PENGARUH LAMA TUNDA GILING (PULPING)DAN KETINGGIAN TEMPAT TUMBUH TERHADA MUTU FISIK DAN CITARASA KOPI ARABIKA GAYO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Alfyanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perubahan iklim membawa pengaruh dan dampak yang besar terhadap pertumbuhan dan produksi kopi Arabika di wilayah Aceh khususnya di dataran tinggi Gayo. Untuk menghindari buah kopi lewat masak, petani biasanya mendahulukan pemanenan dan tidak mampu untuk melakukan penggilingan kulit buah (pulping) pada hari yang sama karena kekurangan tenaga kerja. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) faktorial 2 (dua) faktor. Faktor yang digunakan adalah ketinggian tempat tumbuh (1.000 – 1.300 m dpl (K1), 1.300 – 1.400 m dpl (K2) dan 1.400 – 1.600 m dpl (K3)) dan lama tunda giling gelondong merah (0, 1, 2, 3, 4 dan 5 hari) dengan 2 kali ulangan sehingga diperoleh 36 satuan percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ketinggian tempat tumbuh (K) memberikan pengaruh sangat nyata terhadap kadar air, densitas kamba (sebelum dan sesudah penggilingan) dan mutu fisik (biji warna hitam, busuk, warna coklat). Lama tunda giling (P) serta interaksi antara kedua faktor memberikan pengaruh sangat nyata terhadap densitas kamba (sebelum penggilingan gelondong merah), kadar air dan mutu fisik (biji hitam, busuk, coklat), dan berpengaruh tidak nyata terhadap nilai pH yang dihasilkan. Pada uji persentase buah mengapung, suhu buah dalam karung dan uji citarasa tidak dilakukan uji ANOVA, hanya menampilkan nilai yang dihasilkan. Pada uji citarasa ketinggian 1.400 – 1.600 m dpl perlakuan tanpa tunda giling menghasilkan total score citarasa paling tinggi dibandingkan perlakuan dua ketinggian tempat tumbuh lainnya. Kata kunci : Citarasa, mutu fisik, tunda giling

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN KANDUNGAN TOTAL KAFEIN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA L) GAYO PADA BEBERAPA WAKTU TUNDA PULPING (Maulidiya Izzati, 2016)

PENGARUH KETINGGIAN TEMPAT TUMBUH DAN VARIETAS TERHADAP MUTU FISIK, FISIKO-KIMIA, DAN CITA RASA KOPI ARABIKA GAYO (Nur Al Qadry, 2017)

PENGARUH VARIETAS DAN KETINGGIAN TEMPAT TUMBUH TERHADAP MUTU WINE COFFEE (MUHAMMAD YUDI, 2018)

ANALISIS MUTU FISIK DAN CITARASA BEBERAPA VARIETAS KOPI ARABIKA GAYO AKIBAT PENUNDAAN PROSES PULPING (Intan Purnama Sari, 2016)

ANALISIS KANDUNGAN FENOL DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN KOPI BIJI TANPA SANGRAI DENGAN PERLAKUAN LAMA TUNDA PULPING PADA BEBERAPA VARIETAS KOPI ARABIKA GAYO (Shiti Dhella Errianda, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy