//

PENGARUH PENGEMASAN MODIFIKASI ATMOSFIR TERHADAP MASA SIMPAN MANGGA (MANGIFERA INDICA L.) VARIETAS HARUM MANIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Amwal Muhnisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Mangga (Mangifera indica L.) merupakan salah satu buah yang berasal dari Indonesia. Produksi mangga di Indonesia sangat melimpah, sedangkan mangga juga bersifat mudah rusak sehingga memiliki umur simpan yang singkat. Oleh karena itu perlu dilakuan pengemasan yang sesuai untuk meningkatkan daya simpan seperti metode pengemasan modifikasi atmosfir. Pengemasan ini mampu menerapkan sistem kemasan aktif menggunakan bahan penyerap yang disebut absorber. Penelitian ini dilakukan menggunakan rancangan faktorial acak lengkap yang terdiri dari 3 faktor perlakuan. Faktor pertama (P) jenis plastik dengan 2 taraf yaitu polietilen dan polipropilen. Faktor kedua (A) jenis absorber dengan 7 taraf yaitu Fe, Na2CO3, KMnO4, Fe + Na2CO3, Fe + KMnO4, Na2CO3 + KMnO4, dan Fe + Na2CO3 + KMnO4. Faktor ketiga (K) konsentrasi absorber dengan 2 taraf yaitu 0,5 g/kg dan 1 g/kg. Kombinasi perlakuan dilakukan 2 kali ulangan sehingga diperoleh 56 percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jenis plastik berpengaruh sangat nyata (P≤0,01) terhadap laju perubahan indeks warna, indeks busuk, daya simpan ditinjau dari indeks warna 50% dan indeks busuk 50% mangga Harum Manis. Jenis absorber berpengaruh nyata (P≤0,05) terhadap daya simpan ditinjau dari indeks warna 50%. Konsentrasi absorber berpengaruh sangat nyata (P≤0,01) terhadap laju perubahan indeks busuk dan daya simpan ditinjau dari indeks busuk 50%. Interaksi jenis plastik, jenis absorber, dan konsentrasi absorber berpengaruh nyata (P≤0,05) terhadap daya simpan ditinjau dari indeks warna 50% dan daya simpan seluruh parameter mangga Harum Manis. Daya simpan mangga Harum Manis yang terbaik diperoleh pada perlakuan dengan menggunakan kemasan PE dengan absorber Na2CO3 pada konsentrasi 1 g/kg mangga dengan masa simpan 16 hari. Kata Kunci : Mangga Harum Manis, Modifikasi atmosfir, Absorber, Daya simpan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PENYIMPANAN BUAH MANGGA GOLEK (MANGIFERA INDICA L.) DALAM KEMASAN ATMOSFER TERMODIFIKASI (Khalid Azmi, 2016)

PENGARUH KEMASAN PLASTIK DAN SUHU PENYIMPANAN TERHADAP MASA SIMPAN BUAH MANGGIS (GARCINIA MANGOSTANA L) (Nurita Agustia, 2016)

KAJIAN PEMANFAATAN KEMASAN ATMOSFER TERMODIFIKASI PADA PENYIMPANAN BUAH MANGGA CENGKEH (MANGIFERA INDICA. L) (Muammar Aris Munandar, 2016)

KAJIAN KEKAYAAN JENIS DAN DISTRIBUSI SPASIAL LALAT BUAH (DIPTERA: TEPHRITIDEA) PADA TANAMAN INANG DI KOTA BANDA ACEH (Cut Januarita, 2019)

UJI ANTIFUNGI MADU MONOFLORA MANGGA (MANGIFERA INDICA) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS SECARA IN VITRO (monisa hira, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy