//

EFEKTIVITAS FITOREMEDIASI GENJER (LIMNOCHARIS FLAVA) DALAM LIMBAH CAIR AMONIA PT PUPUK ISKANDAR MUDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dian Arlianty - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian tentang “Efektivitas Fitoremediasi Genjer (Limnocharis flava) Dalam Limbah Cair Amonia PT Pupuk Iskandar Muda” bertujuan untuk mengetahui keefektivitas genjer sebagai fitoremediasi dalam menurunkan kadar BOD dalam limbah cair amonia, serta kandungan nitrogen pada tumbuhan genjer dalam limbah cair amonia. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tanjung Selamat, Kecamatan Darussalam, Banda Aceh pada bulan Agustus sampai bulan September 2015, menggunakan metode Eksperimen dengan pola Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian (ANAVA) dengan uji lanjut BNT (Beda Nyata Terkecil) dan Uji Duncan. Parameter yang diukur terdiri dari kandungan Nitrogen total pada tumbuhan genjer setelah diberi perlakuan limbah cair amonia serta kadar BOD dalam limbah cair amonia menggunakan tumbuhan genjer selama 21 hari. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kenaikan kandungan nitrogen pada tumbuhan genjer pada berbagai konsentrasi limbah cair amonia. Nilai BOD tertinggi pada perlakuan P2 yaitu 16,32 mg/l. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kandungan nitrogen pada tumbuhan genjer meningkat seiring meningkatnya konsentrasi limbah cair amonia. Tumbuhan genjer sebagai fitoremediasi masih rendah dalam menurunkan kadar BOD dalam limbah cair amonia. Kata Kunci : Limbah Cair Amonia, Genjer, Fitoremediasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS TIGA JENIS TANAMAN AIR SEBAGAI FITOREMEDIATOR PADA LIMBAH CAIR TAHU (ARVI AMALIA, 2019)

ANALISIS POLITIK LINGKUNGAN DI KABUPATEN ACEH UTARA ( SUATU STUDI TENTANG TANGGUNG JAWAB PT.PUPUK ISKANDAR MUDA TERHADAP KASUS PENCEMARAN 2010 - 2016 DI KECAMATAN DEWANTARA) (ICUT RIZKIA, 2016)

PENCEMARAN UDARA AMONIA PT. PUPUK ISKANDAR MUDA DI ACEH UTARA TAHUN 2015-2016 (SUATU PENELITIAN DARI SIKAP APATISME MASYARAKAT GAMPONG TAMBON BAROH DAN TAMBON TUNONG ) (SILVANA DELITA, 2019)

PRARANRCANGAN PABRIK PUPUK STRUVITE DARI LIMBAH CAIR INDUSTRI PUPUK UREA DENGAN KAPASITAS PRODUKSI 2.000 TON/TAHUN (SRI DEVI DEPARI, 2017)

PRANCANGAN PABRIK PUPUK STRUVITE DARI LIMBAH CAIR INDUSTRI PUPUK UREA DENGAN KAPASITAS PRODUKSI 2.000 TON/TAHUN (RAUDHATUL ULFA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy