//

IDENTIFIKASI MORFOLOGI SERBUK SARI YANG TERKANDUNG PADA MADU YANG DIPERDAGANGKAN DI KOTA BANDA ACEH, INDONESIA DAN KOTA ZAGREB, KROASIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tifany Chairunisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci :Serbuk Sari, Madu, Unifloral, Multifloral Telah dilakukan penelitian tentang identifikasi morfologi serbuk sari yang terkandung pada madu yang diperdagangkan di Kota Banda Aceh, Indonesia dan Kota Zagreb, Kroasia”. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Oktober sampai dengan Desember 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui morfologi serbuk sari (unit serbuk sari, polaritas skulptur, ukuran dan bentuk serbuk sari) dan persentase serbuk sari yang terkandung pada produk madu yang diperdagangkan di Kota Banda Aceh, Indonesia dan Kota Zagreb, Kroasia. Objek dalam penelitian ini adalah produk madu Kota Banda Aceh, produk madu Kota Zagreb dan madu di kawasan hutan Aceh. Metode dalam penelitian ini merupakan metode non-eksperimental dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam pembuatan preparat serbuk sari adalah metode Asetolisis. Pembuatan preparat mikroskopis serbuk sari dan untukdata morfologi serbuk sari dilakukan dengan metode deskriptif. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah unit, bentuk, ukuran, apertura, skulptur dan persentase serbuk sari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan berbagai macam serbuk sari dari segi bentuk unit serbuk sari, polaritas skulptur, ukuran dan bentuk serbuk sari. Produk madu yang diperdagangkan di Kota Banda Aceh umumnya merupakan madu Multifloral yang terdiri atas beberapa sumber tanaman dan tidak didominasi oleh satu jenis saja sementara madu yang diperdagangkan di Kota Zagreb, Kroasia umumnya merupakan madu Unifloral yang didominasi oleh satu jenis tumbuhan saja.Diketahui juga madu hutan Trumon, Aceh Selatan juga merupakan madu Unifloral yang didominasi oleh serbuk sari tipe Zono Tetra-Porate. 

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI KEMATANGAN SERBUK SARI DAN KEPALA PUTIK PADA TANAMAN LILI HUJAN (ZEPHYRANTHES CANDIDA (LIND.) HERB.) (Aminah, 2018)

STUDI MORFOLOGI SERBUK SARI ENAM ANGGOTA FAMILIA RUBIACEAE (Zahrina, 2016)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI AEROMONAS SP PADA IKAN MAS KOKI (CARRASIUS AURATUS) DARI BEBERAPA PET SHOP DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Zulfan, 2016)

PROSPEK PENGEMBANGAN BUDIDAYA JAMBU MADU DELI HIJAU DI KELURAHAN SUMBER KARYA KECAMATAN BINJAI TIMUR KOTA BINJAI (STUDI KASUS PADA USAHA RIZKI JAMBU MADU) (TIKA NURJANNAH RANGKUTI, 2016)

PERILAKU BURUNG MADU SRIGANTI (NECTARINIA JUGULARIS L., 1766) PADA BERBAGAI JENIS TUMBUHAN DI KOTA BANDA ACEH (Sidratunnur, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy