PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH


Pengarang

Nela Yuliana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103010042

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Praktikum, Hasil Belajar, Keterampilan
Proses, Fotosintesis.

Penelitian tentang “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Fotosintesis di SMP Negeri 9 Banda Aceh” telah dilaksanakan mulai tanggal 11 Januari sampai dengan 27 Januari 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum pada materi fotosintesis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain pretest-posttes control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 80 siswa yang terdiri dari empat kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes dan nontes. Data dalam bentuk tes diperoleh dua kali yaitu pada tes awal (pretes) dan tes akhir (postes). Data hasil tes digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dan dihitung nilai N-gain, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t, sedangkan data nontes digunakan untuk melihat keterampilan proses sains siswa pada praktikum pertama dan praktikum kedua yang dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan siswa pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis praktikum dibandingkan dengan siswa kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran secara konvensionals pada materi fotosintesis di SMP Negeri 9 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK