//

PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM TRANSPORATASI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nursyafny Rizkiana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: model quantum learning, hasil belajar, aktivitas belajar, sistem transportasi pada makhluk hidup Penelitian tentang “Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Sistem Transportasi Makhluk Hidup di Kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh” telah dilaksanakan pada bulan Januari 2016 hingga Februari 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model quantum learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi sistem transportasi pada makhluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari hasil tes dan nontes. Data hasil tes digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar sedangkan data nontes digunakan untuk melihat aktivitas belajar siswa dari pertemuan pertama, pertemuan kedua, dan pertemuan ketiga. Data dalam bentuk tes diperoleh dua kali yaitu pada saat tes awal (pretes) dan tes akhir (postes). Data hasil tes digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan dianalisis dengan membandingkan dua rata-rata dengan uji-t, sedangkan untuk melihat aktivitas belajar siswa digunakan rumus persentase. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen yang dilakukan proses pembelajaran dengan model quantum learning dibandingkan dengan siswa kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem transportasi makhluk hidup di SMP Negeri 9 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM TRANSPORTASI MAKHLUK HIDUP DI SMPN 1 SUKAMAKMUR ACEH BESAR (Juliana, 2017)

PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN PENAMPAKAN BUMI DAN LANGIT DI KELAS IV SD NEGERI 6 JAYA KABUPATEN ACEH JAYA (Anjar Asmara, 2015)

MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA RNKELAS X-2 SMA NEGERI 1 SAMADUA RNKABUPATEN ACEH SELATAN (BUSTANIL KHAIR, 2014)

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH (Khana Silva Rezeka Hasan, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy