//

EVALUASI KARAKTER MORFOLOGI, PERTUMBUHAN DAN HASIL DARI BEBERAPA KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L) DI DATARAN MENENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang Ana Elfia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ubi jalar (Ipomoea batatas L.) termasuk dalam kelompok pangan lokal yang mempunyai potensi tinggi jika dikembangkan karena mengandung karbohidrat. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi karakter morfologi, pertumbuhan dan hasil dari beberapa klon ubi jalar. Penelitian dilaksanakan di Kebun Percobaan STPP Saree Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh mulai bulan Mei s/d Oktober 2015. Rancangan percobaan yang digunakan Rancangan Acak Kelompok non faktorial. Faktor yang diamati adalah jenis klon dengan 12 taraf klon. Peubah yang diamati meliputi 2 aspek yaitu aspek morfologi dan aspek agronomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan morfologi dari 12 klon ubi jalar terhadap tipe pertumbuhan, batang, daun, bunga dan umbi. Bentuk permukaan bunga menunjukkan perbedaan sedangkan warna dan bentuk secara keseluruhan sama. Klon CIP 1945, ANTIN-1, CIP W86P dan Lokal Saree Oranye memiliki umbi yang berwarna oranye. Klon CIP WHI-5 menghasilkan umbi terbanyak dibandingkan dengan 11 klon lainnya. Klon yang memiliki pertumbuhan dan hasil terbaik adalah CIP 204. Variasi genetik luas terdapat pada peubah persentase tumbuh, vigoritas sulur, jumlah cabang 56 HST, berat berangkasan kering, berat umbi segar, berat umbi kering angin dan jumlah umbi persampel. Sedangkan variasi genetik sempit terdapat pada peubah jumlah cabang 28 HST, panjang sulur 28 dan 56 HST dan berat berangkasan basah.Kata Kunci: Ubi Jalar, Klon, Morfologi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI ADAPTASI BEBERAPA KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DI DATARAN MENENGAH (Fadli Auliansyah, 2016)

UJI PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.) DI DATARAN MENENGAH (Noviyanti, 2016)

UJI ADAPTASI BEBERAPA KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.) DI DATARAN RENDAH (Nur Aisyah, 2017)

EVALUASI KARAKTER MORFOLOGI, PERTUMBUHAN DAN HASIL DARI BEBERAPA KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L) DI DATARAN MENENGAH (Ana Elfia, 2016)

PERTUMBUHAN DAN HASIL 12 KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.) DI DATARAN MENENGAH SAREE (Munawar Khalil, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy