//

PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA JENIS VIDEO WINDOWS MOVIE MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang USUP SETIAWAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: pengaruh, multimedia, video, hasil belajar Belajar merupakan suatu kegiatan yang mengakibatkan terjadinya perubahan pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai sikap yang disebabkan adanya pengalaman dalam interaksi dengan lingkungannya. Upaya meningkatkan hasil belajar dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran diyakini dapat mempengaruhi hasil belajar. Namun, pemilihan media harus sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Masalahnya dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan multimedia jenis video windows movie maker terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia jenis video windows movie maker terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh yang berjumlah 98 siswa. Sampel diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas X-IS-2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan X-IS-3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa pemberian tes kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. Data diolah dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penghitungan diperoleh nilai thitung = 2,87. Nilai ini selanjutnya dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% pada dk (n1 + n2 -2), maka diperoleh ttabel = 1,67. Sesuai dengan kriteria pengujian, jika thitung > ttabel maka H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh penggunaan multimedia jenis video windows movie maker terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE BERBANTUAN MEDIA MOVIE MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (WAHYU TRISMADARI, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA ANIMASI DAN MULTIMEDIA GRAFIS PADA RNSUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI DI KELAS IV SD NEGERI 16 BANDA ACEH (SITI RACHMAH, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (ADE IRA RAHAYU OCTAVIA, 2018)

PENGGUNAAN MULTIMEDIA PADA MATERI PKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD NEGERI 20 BANDA ACEH (NOVIRA ULFA MENTARI, 2019)

HUBUNGAN MOTIVASI DAN PERGAULAN PEER GROUP DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Fitria Rahma, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy