EFISIENSI DAYA PADA JARINGAN MULTI-HOP RELAY NIRKABEL MENGGUNAKAN PROTOKOL QUANTIZE AND FORWARD (QF) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

EFISIENSI DAYA PADA JARINGAN MULTI-HOP RELAY NIRKABEL MENGGUNAKAN PROTOKOL QUANTIZE AND FORWARD (QF)


Pengarang

Isyqi Harzaki - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1104105010050

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Elektro (S1) / PDDIKTI : 20201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pengaruh fading pada sistem komunikasi nirkabel dapat mengganggu kinerja sistem dan tingkat efisiensi daya. Efisiensi daya merupakan salah satu syarat kehandalan sistem, maka dibutuhkan teknik khusus untuk mengatasi pengaruh fading tersebut. Salah satu cara untuk mengatasi efek fading dan mengurangi konsumsi daya adalah dengan memanfaatkan sistem komunikasi kooperatif. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada analisis efisiensi daya pada jaringan multi-hop relay nirkabel menggunakan protokol Quantize and Forward (QF). Untuk menganalisis efisiensi daya pada jaringan multi-hop tersebut, parameter outage probability, daya transmisi, faktor jarak, eksponen path loss, dan level kuantisasi jaringan multi-hop relay disimulasikan menggunakan aplikasi Matlab. Hasil simulasi menunjukkan bahwa nilai outage probability jaringan multi-hop relay QF menurun seiring bertambahnya nilai daya transmisi, jumlah hop, dan level kuantisasi. Sementara nilai outage probability meningkat seiring bertambahnya nilai jarak dan eksponen path loss. Jaringan multi-hop relay mampu menghasilkan nilai outage probability yang lebih baik dibanding jaringan direct. Selanjutnya, didapat hasil bahwa jumlah hop mempengaruhi efisiensi daya pada jaringan multi-hop relay menggunakan protokol QF. Jaringan multi-hop relay QF memberikan nilai efisiensi daya lebih baik untuk jarak transmisi yang jauh. Dengan daya transmisi 30 Watt, jaringan empat hop menghasilkan nilai efisiensi daya lebih baik dibanding jaringan dua dan tiga hop di jarak 400 meter. Selain itu, level kuantisasi juga mempengaruhi nilai efisiensi daya pada jaringan ini. Nilai efisiensi daya yang diperoleh semakin kecil jika level kuantisasi yang diterapkan semakin besar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK