//

EFISIENSI DAYA PADA JARINGAN MULTI-HOP RELAY NIRKABEL MENGGUNAKAN PROTOKOL QUANTIZE AND FORWARD (QF)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Isyqi Harzaki - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pengaruh fading pada sistem komunikasi nirkabel dapat mengganggu kinerja sistem dan tingkat efisiensi daya. Efisiensi daya merupakan salah satu syarat kehandalan sistem, maka dibutuhkan teknik khusus untuk mengatasi pengaruh fading tersebut. Salah satu cara untuk mengatasi efek fading dan mengurangi konsumsi daya adalah dengan memanfaatkan sistem komunikasi kooperatif. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada analisis efisiensi daya pada jaringan multi-hop relay nirkabel menggunakan protokol Quantize and Forward (QF). Untuk menganalisis efisiensi daya pada jaringan multi-hop tersebut, parameter outage probability, daya transmisi, faktor jarak, eksponen path loss, dan level kuantisasi jaringan multi-hop relay disimulasikan menggunakan aplikasi Matlab. Hasil simulasi menunjukkan bahwa nilai outage probability jaringan multi-hop relay QF menurun seiring bertambahnya nilai daya transmisi, jumlah hop, dan level kuantisasi. Sementara nilai outage probability meningkat seiring bertambahnya nilai jarak dan eksponen path loss. Jaringan multi-hop relay mampu menghasilkan nilai outage probability yang lebih baik dibanding jaringan direct. Selanjutnya, didapat hasil bahwa jumlah hop mempengaruhi efisiensi daya pada jaringan multi-hop relay menggunakan protokol QF. Jaringan multi-hop relay QF memberikan nilai efisiensi daya lebih baik untuk jarak transmisi yang jauh. Dengan daya transmisi 30 Watt, jaringan empat hop menghasilkan nilai efisiensi daya lebih baik dibanding jaringan dua dan tiga hop di jarak 400 meter. Selain itu, level kuantisasi juga mempengaruhi nilai efisiensi daya pada jaringan ini. Nilai efisiensi daya yang diperoleh semakin kecil jika level kuantisasi yang diterapkan semakin besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFISIENSI DAYA PADA JARINGAN MULTI-HOP RELAY NIRKABEL MENGGUNAKAN PROTOKOL QUANTIZE AND FORWARD (QF) (Isyqi Harzaki, 2016)

EFISIENSI ENERGI SISTEM KOMUNIKASI KOOPERATIF DENGAN PROTOKOL QUANTIZE AND FORWARD (QF) MENGGUNAKAN STRATEGI PEMILIHAN RELAY (Fityanul Akhyar, 2017)

PENGARUH JARAK MULTI RELAY TERHADAP KINERJA SISTEM KOMUNIKASI KOOPERATIF MENGGUNAKAN PROTOKOL AF DAN DF (Nurul Maulida Fitri, 2016)

ANALISIS KINERJA PADA JARINGAN KOOPERATIF MULTI-HOP RELAY MENGGUNAKAN PROTOKOL AMPLIFY AND FORWARD (AF) DENGAN ALOKASI DAYA (CUT MELDA SEPTIANI, 2016)

ANALISIS OUTAGE PROBABILITY DAN THROUGHPUT JARINGAN RELAY NIRKABEL DENGAN METODE AMPLIFY-QUANTIZE AND FORWARD (AQF) (Yusnidar, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy